Kamis 21 Apr 2022 12:58 WIB

Tes Covid-19 Buat Para Medis Lebih Mudah Pantau Penyakit Diabetes dan Jantung

Masyarakat yang kian akrab tes Covid-19 membawa revolusi bagi kesehatan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Masyarakat yang kian akrab tes Covid-19 membawa revolusi bagi kesehatan.
Foto: Pixabay
Masyarakat yang kian akrab tes Covid-19 membawa revolusi bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur pendiri jaringan laboratorium Lighthouse, Prof Chris Molloy menjelaskan, dua tahun pengujian massal Covid telah membuka jalan bagi sebuah revolusi kesehatan, terutama dalam cara tenaga medis mendiagnosis penyakit lain. Ia mengatakan, keakraban masyarakat menggunakan swab untuk tes Covid berarti mereka juga dapat menemukan dan memantau risiko kondisi lain, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Pada awal April, pemerintah mengakhiri tes Covid gratis bagi kebanyakan orang. Para menteri menganggapnya sebagai strategi hidup dengan Covid. Studi penelitian nasional dan sistem uji dan penelusuran National Health Society (NHS) Inggris mengandalkan tujuh laboratorium Lighthouse untuk memproses sebagian besar tes PCR gratis yang dilakukan selama pandemi di Inggris. 

Baca Juga

Molloy memimpin tim untuk mendirikan jaringan, yang dibuat setelah sistem laboratorium kesehatan masyarakat sebelumnya menghadapi serangkaian pemotongan oleh pemerintah berturut-turut. Sekarang sebagian besar ditutup, meninggalkan laboratorium Rosalind Franklin di Leamington Spa sebagai fasilitas utama di Inggris, dan lebih dari 1.000 ilmuwan dan teknisi mencari pekerjaan lain. Molloy mengungkapkan beberapa kekecewaan bahwa laboratorium lain tidak digunakan kembali. 

“Salah satu hal yang kami harapkan adalah dapat menciptakan fondasi untuk sektor diagnostik Inggris,” ujarnya seperti dilansir dari laman The Guardian, Kamis (21/4/2022).

Tapi, lanjutnya, mungkin fondasi terbesar yang sebenarnya mereka buat adalah ribuan staf berkualitas tinggi yang telah dilatih dalam sains berkualitas tinggi yang luar biasa, yang kini menyaring di seluruh negeri. Ada peluang untuk menciptakan warisan lain untuk laboratorium Lighthouse dan sistem pengujian.

“Populasi telah dididik untuk memesan tes secara online, mendapatkannya melalui pos, melakukannya di rumah, memasangnya kembali di pos, mendapatkan hasil di ponsel mereka, dan yang terpenting mengubah perilaku mereka sebagai hasilnya,” tambahnya.

Memiliki kapasitas laboratorium dan diagnosa cerdas dapat membantu mengatasi penyakit kronis. Satu dari tiga orang dewasa di Inggris memiliki kondisi jangka panjang seperti penyakit ginjal, gagal jantung atau diabetes. Mereka juga memiliki dua masalah kesehatan kronis di usia paruh baya dapat melipatgandakan risiko demensia.

“Jika Anda benar-benar ingin mengatasi multi-morbiditas dan penyakit yang terkait dengan penuaan, Anda mulai dengan orang-orang berusia 30-an, 40-an, dan 50-an,” ujar Molloy.

William Beveridge menerbitkan laporan yang merupakan dasar dari negara kesejahteraan dan NHS pada tahun 1942, menawarkan visi harapan selama perang. Molloy mendesak para menteri dan lainnya untuk menunjukkan visi yang sama untuk perawatan kesehatan ketika pandemi telah berakhir. 

"Pemerintah, akademisi, NHS dan sektor swasta telah berbagi singularitas tujuan baru," ujarnya.

Molloy mengatakan tujuan yang diciptakan oleh Covid dapat diterapkan ke area lain yaitu multi-morbiditas, penuaan, kanker, dan sebagainya. Dan ia pikir pemerintah mampu menjaga tujuan tetap hidup, dan nyala api itu menyala. Pemerintah memiliki peran. Badan amal penelitian medis memiliki peran besar.

“Kita harus ingat bahwa semua hal ini, dalam kesehatan dan perawatan kesehatan serta pengujian dan penemuan obat-obatan adalah bisnis global. Jadi apa yang kami kembangkan di sini dan buktikan di sini dapat dijual ke seluruh dunia, untuk kemajuan tidak hanya kesehatan di Inggris tetapi juga dunia,” ujar Molloy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement