Kamis 21 Apr 2022 15:28 WIB

Street Race di BSD Dimulai Besok, Ratusan Pebalap Siap Berkompetisi

Ratusan pembalap siap berkompetisi dalam street race yang digelar di BSD besok.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan
Peserta bersiap memacu sepeda motornya dalam ajang Street Race Polda Metro Jaya di Ancol, Jakarta, Ahad (16/1/2022). Ratusan pembalap siap berkompetisi dalam street race yang digelar di BSD besok.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Peserta bersiap memacu sepeda motornya dalam ajang Street Race Polda Metro Jaya di Ancol, Jakarta, Ahad (16/1/2022). Ratusan pembalap siap berkompetisi dalam street race yang digelar di BSD besok.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Ajang balapan jalanan atau street race di Bumi Serpong Damai (BSD) Grand Boulevard Tangerang bakal diselenggarakan selama tiga hari pada 22-24 April 2022. Acara yang digelar oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tersebut bakal diikuti oleh ratusan pebalap, mulai dari kendaraan roda dua hingga roda empat.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan terakhir terkait kesiapan meliputi faktor keselamatan dalam ajang street race di BSD. Terutama mengecek lintasan yang digunakan untuk balapan.

Baca Juga

"Untuk kesiapan lintasan saya pikir sudah 90 persen, kita akan checking terakhir terus. Termasuk juga kita supervisi dari IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan teman-teman, terutama untuk mengecek faktor keselamatan, jarak pengereman, sehingga mudah-mudahan acara ini bisa lancar," tutur Sambodo kepada wartawan di kawasan BSD, Kamis (21/4/2022).

Acara street race tersebut mendapatkan banyak atensi dari masyarakat. Terlebih dinilai menjadi wadah bagi masyarakat untuk meminimalisasi terjadinya balap liar yang kerap terjadi, terutama di bulan Ramadhan.

Sambodo menyebut hingga H-1 pelaksanaannya, sudah ada lebih dari 600 pebalap yang mendaftar untuk mengikuti ajang tersebut. "Satu hari hanya dibatasi 300 pebalap. Hari pertama 300 pebalap, hari kedua 300 pebalap untuk kelas motor yang terbagi dalam sembilan kelas. Dan yang hari terakhir untuk mobil dan moge sampai saat ini sudah terdaftar sebanyak 57 pebalap mobil," ujar dia.

Sambodo menyebut ajang itu berlangsung pada siang hari hingga menjelang Maghrib, berhubung digelar pada bulan suci Ramadhan. Yakni tepatnya pada sekira pukul 14.00 hingga 17.00 WIB.

Sebagai informasi, ketentuan race dalam ajang tersebut secara lebih detail yakni pada hari pertama, Jumat (22/4) kategori kelasnya yakni all bike bebek 2t, all bike bebek 4t, all bike sport 2t, all bike sport 4t, dan all bike matic.

Lalu hari kedua, Sabtu (23/4) meliputi all bike vespa 4t, all bike sunmory, all bike moge (400cc up). Sementara hari ketiga, Ahad (24/4) yakni all cars s/d 1.300 cc, all cars s/d 1.500 cc, all cars s/d 2.000 cc, dan all cars 3000 cc up.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement