Jumat 22 Apr 2022 00:28 WIB

3 Minuman untuk Turunkan Tekanan Darah, Dua di Antaranya Mudah Didapat dan Murah!

Minuman tertentu dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Hipertensi (ilustrasi). Kelola hipertensi dengan menyertakan minuman yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah.
Foto: www.freepik.com.
Hipertensi (ilustrasi). Kelola hipertensi dengan menyertakan minuman yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang berfokus pada pengaturan pola makan ketika ingin mengelola tekanan darah mereka. Padahal, mengonsumsi minuman yang tepat juga bisa menunjang upaya pengelolaan tekanan darah ini.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi di mana tekanan darah berada di atas batas normal. Seseorang biasanya dikatakan mengalami hipertensi bila memiliki tekanan darah di atas 140/90 mm/Hg.

Baca Juga

Hipertensi yang tak terkelola dengan baik bisa memicu beragam masalah kesehatan di kemudian hari. Sebagian dari masalah kesehatan tersebut adalah penyakit jantung dan penyakit ginjal. Risiko-risiko ini dapat dihindari dengan cara menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Bagi orang-orang yang sudah terdiagnosis dengan hipertensi, pengelolaan tekanan darah perlu dilakukan lewat penggunaan obat-obatan rutin dan modifikasi gaya hidup. Bagi orang-orang yang belum terkena hipertensi, upaya pencegahan bisa dilakukan lewat penerapan pola hidup sehat.

Sebagai contoh, menghindari konsumsi garam dan makanan proses berlebih. Beberapa jenis minuman juga diketahui memiliki efek yang dapat membantu mengelola tekanan darah, seperti dilansir Express, Kamis (21/4/2022).

Susu almond

Sari almond atau lebih populer dengan sebutan susu almond dikenal sebagai minuman yang rendah akan lemak jenuh. Konsumsi susu almond bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Tak hanya itu, susu almond juga mengandung asam lemak omega 3. Ini dapat membantu menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi serta menjaga kesehatan jantung.

Susu almond dikenal pula sebagai minuman yang dapat membantu membangun kekuatan otot, menjaga tekanan darah yang sehat, serta memperbaiki fungsi ginjal. Akan tetapi, minuman ini minim akan protein dan serat kecuali sudah difortifikasi. Kandungan lain yang terdapat dalam susu almond adalah kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement