Sabtu 30 Apr 2022 04:56 WIB

Kenali Apa Itu Sukuk Korporasi dan Cara Membelinya Sebelum Berinvestasi

Sukuk korporasi adalah instrumen investasi yang mirip dengan obligasi.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Sukuk Korporasi
Sukuk Korporasi

Setiap perusahaan pasti akan melakukan berbagai cara agar usahanya berjalan lancar. Mulai dari menciptakan produk yang inovatif, menentukan strategi marketing yang menjual, hingga membuka peluang campur tangan pihak luar dalam pendanaan perusahaan melalui transaksi instrumen investasi, seperti sukuk korporasi. 

Sukuk korporasi adalah instrumen investasi yang memiliki kesamaan dengan obligasi. Hanya saja, dalam praktiknya menggunakan sistem syariah. Investasi berjangka ini menawarkan investasi bernilai besar yang dikeluarkan oleh perusahaan dengan bantuan satu atau lebih sekuritas yang kredibel.

Melalui penerbitan sukuk korporasi ini, perusahaan bisa mendapatkan dana dari masyarakat, di samping dana dari internal maupun dana pinjaman dari perbankan. Dana tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan perusahaan atau menjalankan aktivitas bisnis lainnya. 

Penerbitan sukuk korporasi ini juga pasti disertai dengan  bagi hasil antara perusahaan dan pihak ketiga. Jadi, baik perusahaan maupun investor akan sama-sama mendapatkan keuntungan.