Sabtu 23 Apr 2022 17:07 WIB

Perusahaan India Beli 15 Juta Barel Minyak Rusia

India sebelumnya jarang membeli minyak Rusia karena biaya pengiriman yang tinggi.

Red: Friska Yolandha
Reliance Industries Ltd, operator kompleks penyulingan minyak terbesar di dunia, telah memesan sedikitnya 15 juta barel minyak Rusia sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari, kata sumber.
Foto: AP
Reliance Industries Ltd, operator kompleks penyulingan minyak terbesar di dunia, telah memesan sedikitnya 15 juta barel minyak Rusia sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari, kata sumber.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Reliance Industries Ltd, operator kompleks penyulingan minyak terbesar di dunia, telah memesan sedikitnya 15 juta barel minyak Rusia sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari, kata sumber. Reliance telah membeli rata-rata 5 juta barel per bulan untuk kuartal Juni, kata sumber tersebut.

Reliance tidak segera menanggapi email Reuters yang meminta komentar. Sebelum perang Ukraina, penyulingan India, termasuk Reliance, jarang membeli minyak Rusia karena biaya pengiriman yang tinggi.

Baca Juga

Tetapi, sanksi Barat terhadap Rusia sejak invasi Ukraina, yang disebut Moskow sebagai operasi militer khusus, telah mendorong banyak importir minyak untuk menghindari perdagangan dengan Moskow. Ini menekan harga minyak mentahnya ke rekor tingkat diskon.

Penyulingan India telah mengambil barel murah karena India, importir dan konsumen minyak terbesar ketiga di dunia, terpukul keras oleh harga minyak yang tinggi. India mengimpor sekitar 85 persen dari kebutuhan minyak 5 juta barel per hari.

Sementara, New Delhi telah menyerukan gencatan senjata segera di Ukraina, namun tidak secara eksplisit mengutuk tindakan Moskow. India juga abstain dari pemungutan suara pada beberapa resolusi PBB tentang invasi.

Data aliran kapal tanker Refinitiv menunjukkan pasokan sekitar 8 juta barel minyak Rusia, terutama Ural, di pelabuhan Sikka yang dioperasikan Reliance di India barat, untuk kedatangan antara 5 April dan 9 Mei.

Sebagian besar barel ini dipasok oleh trader Rusia Litasco, menurut data Refinitiv. Pedagang mengatakan Reliance membeli minyak Rusia berdasarkan pengiriman.

Reliance dijadwalkan menerima paket pertama minyak ESPO Rusia pada awal Mei, menurut data Refinitiv. Grade ini sebagian besar dipasok ke China.

Perusahaan milik miliarder Mukesh Ambani ini mengoperasikan dua kilang di kompleks Jamnagar di India barat. Kilang ini dapat memproses sekitar 1,4 juta barel per hari (bph) minyak setiap hari.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَرَسُوْلًا اِلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ ەۙ اَنِّيْ قَدْ جِئْتُكُمْ بِاٰيَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ ۙاَنِّيْٓ اَخْلُقُ لَكُمْ مِّنَ الطِّيْنِ كَهَيْـَٔةِ الطَّيْرِ فَاَنْفُخُ فِيْهِ فَيَكُوْنُ طَيْرًاۢ بِاِذْنِ اللّٰهِ ۚوَاُبْرِئُ الْاَكْمَهَ وَالْاَبْرَصَ وَاُحْيِ الْمَوْتٰى بِاِذْنِ اللّٰهِ ۚوَاُنَبِّئُكُمْ بِمَا تَأْكُلُوْنَ وَمَا تَدَّخِرُوْنَ ۙفِيْ بُيُوْتِكُمْ ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَۚ
Dan sebagai Rasul kepada Bani Israil (dia berkata), “Aku telah datang kepada kamu dengan sebuah tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuatkan bagimu (sesuatu) dari tanah berbentuk seperti burung, lalu aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan izin Allah. Dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahir dan orang yang berpenyakit kusta. Dan aku menghidupkan orang mati dengan izin Allah, dan aku beritahukan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu orang beriman.

(QS. Ali 'Imran ayat 49)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement