Polres Kediri Kota Tangani Penipuan Berkedok Kencan Daring

Red: Muhammad Fakhruddin

Polres Kediri Kota Tangani Penipuan Berkedok Kencan Daring (ilustrasi).
Polres Kediri Kota Tangani Penipuan Berkedok Kencan Daring (ilustrasi). | Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI -- Aparat Kepolisian Resor (Polres) Kediri Kota, Polda Jawa Timur menangani kasus penipuan berkedok kencan lewat aplikasi atau secara daring yang korbannya sementara empat orang, dengan total kerugian hingga total Rp83 juta.

Kasat Reskrim Polres Kediri Kota AKP Tomy Prambana mengemukakan ada empat orang korban yang sudah melapor. Mereka mengadukan pelaku, karena meminjam uang pada korban yang kemudian selanjutnya nomor pelaku tidak bisa dihubungi lagi.

"Modusnya sama, para korban dirayu-rayu. Kemudian bertemu, setelah itu diajak mengobrol dan pelaku meminjam sejumlah uang. Total kerugiannya sebesar Rp83 juta dari seluruh korban ini," katanya pula, Sabtu (23/4/2022).

Ia menjelaskan, para korban ini berkenalan dengan pelaku lewat aplikasi kencan secara daring. Mereka berkenalan melalui media sosial dan menjalin hubungan.

Baca Juga

Korban kemudian bertemu dengan pelaku di sebuah warung di Kelurahan Banjaran, Kota Kediri. Saat itu, pelaku melancarkan aksinya, merayu korban dan meminjam uang yang kemudian diberi oleh korban.

Sementara itu, dari hubungan asmara palsu dan singkat tersebut, rentang antara satu hingga dua pekan, pelaku menggasak uang milik para korban dengan total mencapai Rp83 juta. Kemudian, pelaku menghilang dan tak bisa dihubungi.

Kasus tersebut saat ini masih ditangani Polres Kediri Kota. Keempat korban perempuan ini baru sadar menjadi korban penipuan, setelah tidak bisa menghubungi pelaku, sehingga melaporkan kasus ini.

Mereka juga kaget telah menjalin hubungan dengan orang yang sama dan menjadi korban penipuan. Hal itu diketahui saat proses pemeriksaan kasus tersebut.

Tim dari Polres Kediri Kota juga berkoordinasi dengan Tim Cyber Polda Jatim. Diduga, pelaku juga terlibat dengan penipuan sama yang marak terjadi di beberapa daerah.

Dalam beberapa laporan, marak terjadinya penipuan lewat kencan daring tersebut. Selain uang, pelaku juga ada yang meminta foto dan video tanpa busana korban yang kemudian dilakukan pemerasan.

Polisi juga sudah mengantongi berkas pelaku. Salah satunya berinisial FZ (31). Polisi masih memburu pelaku. Polisi meminta warga yang merasa menjadi korban segera lapor ke polisi. Petugas juga meminta warga tidak mudah terpengaruh terlebih lagi dengan pelaku yang baru dikenal.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


76 Ribu Penipuan Daring Usai Ditemukan 10 Juta Email Mencurigakan

Penipuan Kripto Kini Menyasar Pengguna Aplikasi Kencan, Tak Bisa Berkencan Malah Kehilangan Uang!

Tips Bagi Orang Tua Lindungi Anak dari Bahaya Internet

GBG Intelligence Center Perkuat Pencegahan Penipuan Berlapis

Anggota DPR Usul Polisi Siber Atasi Ribuan Penipuan Daring

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark