Ahad 24 Apr 2022 09:10 WIB

Pemenang Oscar Youn Yuh-jung Incar Emmy Award Lewat Pachinko

Belum pernah bintang Korea Selatan yang meraih Oscar dan Emmy sekaligus.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Indira Rezkisari
Aktris Korea Youn Yuh-jung.
Foto: EPA
Aktris Korea Youn Yuh-jung.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Aktris Korea pemenang Oscar Youn Yuh-jung muncul sebagai pesaing utama di Penghargaan Emmy untuk perannya dalam serial drama Apple TV+ “Pachinko”. Aktris kelahiran 19 Juni 1947 itu meningkatkan harapan bisa menjadi orang Korea Selatan pertama yang memenangkan kedua pernghargaan, Oscar dan Emmy.

Di Academy Awards tahun lalu, Youn dinobatkan sebagai Aktris Terbaik dalam kategori Peran Pendukung untuk peran nenek dalam film imigrasi Amerika Minari (2020). Dia menjadi orang Korea Selatan pertama yang memenangkan Oscar dalam akting.

Baca Juga

Sekitar setahun kemudian, dia membintangi serial asli Apple TV+ terbaru "Pachinko”, berdasarkan novel senama yang ditulis penulis Korea-Amerika, Min Jin Lee. Kisah keluarga epik delapan bagian itu mengikuti Sunja yang harus melalui kehidupan sulit di Korea karena pendudukan Jepang, serta berada di Jepang setelah Perang Dunia II.

“Pachinko" yang disutradarai bersama oleh Kogonada dan Justin Chon dari Korea-Amerika telah memenangkan sambutan hangat dari para kritikus dan pemirsa. Penampilan Youn sebagai Sunja yang berusia tua, yang tinggal di Jepang sebagai Zainichi (kata dalam bahasa Jepang untuk etnis Korea yang memiliki status tinggal permanen di Jepang), juga mendapat pujian kritis.

Berdasarkan kehadirannya di "Pachinko”, Youn telah muncul sebagai pesaing kuat untuk Aktris Pendukung Luar Biasa dalam Serial Drama di Primetime Emmy Awards mendatang. Emmy Awards merupakan penghargaan paling bergengsi untuk program televisi primetime di AS.

Menurut Gold Derby, situs prediksi penghargaan Amerika, Youn menempati peringkat kesembilan dalam kategori aktris pendukung drama, atau naik dari peringkat 12 sekitar tiga minggu sebelumnya. Sarah Snook dari "Succession" dan Julia Garner dari "Ozark" memimpin kategori itu.

"Jika "Pachinko" menemukan popularitas yang sama setelah memperoleh pujian kritis dengan suara bulat, kemungkinan Youn akan dikenali lagi untuk karyanya yang mempengaruhi," kata Gold Derby dilansir Yonhap News, Ahad (24/4/2022).

Jika Youn membawa pulang trofi, maka dia menjadi orang Korea Selatan pertama yang memenangkan Oscar dan Emmy. Pada saat yang sama, hit Netflix asli "Squid Game" kemungkinan akan memiliki banyak nominasi di Emmy tahun ini, termasuk serial drama terbaik, aktor terbaik, dan aktris pendukung terbaik. Drama survival ini menempati urutan kedua dalam kategori Outstanding Drama Series setelah "Succession" di bagan prediksi Emmy terbaru Gold Derby.

"Squid Game”, sebuah acara Korea yang dipersembahkan oleh Netflix, telah memenangkan banyak nominasi dan piala pada upacara penghargaan sebelumnya, termasuk Critics Choice Awards dan Screen Actors Guild Awards. Aktor utama Lee Jung-jae berada di urutan ketiga dalam kompetisi untuk Aktor Utama Luar Biasa dalam Serial Drama, sementara Jung Ho-yeon adalah favorit terbesar ketiga untuk aktris pendukung drama terbaik.

Sebuah nominasi oleh aktor atau program di Emmy akan membuat sejarah karena tidak ada orang Korea atau serial TV buatan Korea yang bersaing untuk penghargaan AS yang diberikan oleh Academy of Television Arts & Sciences (ATAS) untuk acara TV Amerika yang luar biasa. Beberapa acara TV dan aktor Korea telah memenangkan atau dinominasikan di Penghargaan Emmy Internasional yang mengakui program televisi terbaik, yang awalnya diproduksi dan ditayangkan di luar AS. Nominasi untuk Primetime Emmy Awards tahun ini akan diumumkan pada 12 Juni dan upacara penghargaan berlangsung pada 12 September 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement