Ahad 24 Apr 2022 19:47 WIB

App Store Apple akan Hapus Aplikasi yang Malas Berikan Update ke Pengguna

Ada beberapa aplikasi yang tidak memberikan pembaruan selama bertahun-tahun.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi app store)
Foto: Pexels
(Foto: ilustrasi app store)

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Apple mungkin akan menindak aplikasi yang tidak lagi memberikan pembaruan. Dalam email tangkapan layar yang dikirim ke pengembang yang terpengaruh, Apple memperingatkan akan menghapus aplikasi dari App Store bagi pengembang yang belum memperbarui aplikasi dalam waktu yang signifikan. Apple memberikan waktu pengembang hanya 30 hari untuk memperbarui aplikasi.

“Anda dapat membuat aplikasi ini tersedia bagi pengguna baru untuk ditemukan dan diunduh dari App Store dengan mengirimkan pembaruan untuk ditinjau dalam 30 hari,” tulis Apple dalam email, dilansir dari The Verge, Ahad (24/4/2022).

Baca Juga

Sementara Apple akan menghapus aplikasi usang dari App Store, semua aplikasi yang diunduh sebelumnya akan tetap ada di pengguna.

Sejumlah pembuat aplikasi, seperti pengembang Protopop Games Robert Kabwe menyatakan keprihatinan mereka tentang perubahan tersebut. Kabwe mengatakan di Twitter bahwa Apple mengancam akan menghapus gimnya yang berfungsi penuh, Motivoto, karena belum diperbarui sejak Maret 2019.

Sedangkan, Kosta Eleftheriou, pengembang keyboard FlickType Apple Watch, mengatakan Apple menghapus versi aplikasinya yang dibuat khusus untuk tunanetra karena tidak diperbarui dalam dua tahun. Seperti yang ditunjukkan Eleftheriou dalam tweetnya, aplikasi Pocket God yang dulu sangat populer masih tetap ada di App Store meskipun menerima pembaruan terakhirnya pada 2015.

Pengembang Emilia Lazer-Walker juga melaporkan bahwa Apple menghapus “beberapa” gim lamanya dari App Store.

Di halaman Peningkatan App Store Apple, Apple mengatakan pihaknya sedang menerapkan proses evaluasi aplikasi yang berkelanjutan, menghapus aplikasi yang tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, tidak mengikuti pedoman tinjauan saat ini atau sudah usang. Tidak ada keterangan waktu di halaman tersebut sehingga tidak jelas kapan Apple menerbitkan informasi itu.

Pada 2016, Apple mengatakan akan mulai menghapus aplikasi yang ditinggalkan dari App Store. Pada saat itu, itu juga memperingatkan pengembang bahwa mereka akan memiliki waktu 30 hari untuk memperbarui aplikasi mereka sebelum dihapus.

Meskipun demikian, tidak jelas apakah Apple terus menerapkan aturan ini selama bertahun-tahun, atau apakah baru-baru ini mulai melakukan penyisiran yang lebih luas.

Kritik terhadap kebijakan ini berpendapat bahwa aplikasi seluler harus tetap tersedia berapa pun usianya, seperti halnya gim video lama yang tetap dapat dimainkan di konsol. Yang lain mengatakan kebijakan itu tidak perlu terlalu keras pada pengembang.

Awal bulan ini, Google Play Store juga mengumumkan akan mulai membatasi visibilitas aplikasi yang tidak menargetkan level API dalam waktu dua tahun dari versi rilis Android utama terbaru. Pengembang Android memiliki waktu hingga 1 November 2022 untuk memperbarui aplikasi mereka. Namun, pengembang juga memiliki opsi untuk mengajukan perpanjangan enam bulan jika mereka tidak dapat memenuhi tenggat waktu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement