Ahad 24 Apr 2022 22:31 WIB

Cara Mengambil Tangkapan Layar Android

Ponsel Android kadang memiliki cara khusus untuk mengambil tangkapan layar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sistem operasi Android mencakup beragam pilihan ponsel yang menawarkan pengalaman Android khusus dengan keunikannya sendiri. Tiap ponsel  semua juga menyediakan cara unik untuk mengambil tangkapan layar (screenshot) ponsel, selain dari metode Android standar untuk menekan tombol home dan power secara bersamaan.

Berikut ini adalah cara mengambil tangkapan layar di perangkat Android Anda:

Baca Juga

Dilansir dari CNET, Ahad (24/4/2022), hampir setiap ponsel atau tablet Android memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dengan menekan tombol volume bawah dan tombol daya dengan cepat. Cukup tekan pada saat yang sama (sesaat saja), Anda akan mendengar suara rana kamera, layar Anda akan berkedip dan Anda akan melihat thumbnail dari tangkapan layar muncul di bagian bawah layar.

Jika tidak berhasil, tekan dan tahan tombol daya selama beberapa detik, lalu ketuk Tangkapan Layar saat muncul di layar Anda. Jika Anda ingin tangkapan layar yang panjang dan bergulir (hanya tersedia di Android 12), ambil tangkapan layar seperti biasa tetapi kali ini ketuk ikon dua panah di pratinjau tangkapan layar.

Penting untuk mendapatkan waktu yang tepat saat ingin mendapatkan tangkapan layar. Jika Anda menahan tombol terlalu lama atau melepaskannya terlalu cepat, mungkin tidak akan terjadi apa-apa. Atau lebih buruk lagi, Anda mungkin masuk ke layar reboot.

Samsung memiliki cara tambahan untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Galaxy. Pertama, gesek (swipe) untuk tangkapan layar.

Untuk mengaktifkan gerakan menggesek telapak tangan, Anda harus membuka Settings > Advanced Features > Motions and gestures dan geser pengalih di sebelah Palm swipe untuk mengambil ke posisi On. Dengan opsi itu diaktifkan, geser ujung tangan Anda dari tepi kiri layar ke sisi kanan untuk mengambil tangkapan layar.

Kedua, menggunakan suara Anda. Selama Anda mengaktifkan Bixby Voice atau Google Assistant, Anda dapat menggunakan perintah suara untuk mengambil tangkapan layar. Cukup ucapkan “Ambil tangkapan layar” dan salah satu dari dua asisten tersebut akan dapat menangkap layar Anda tanpa harus menggunakan tangan.

Ketiga, menggunakan S Pen. Lepaskan stylus S Pen dan arahkan ke layar yang ingin Anda ambil. Sekarang, ketuk ikon menu Air command > Screen write untuk mengambil tangkapan layar dari halaman yang Anda buka.

Anda kemudian dapat menggunakan S Pen untuk menulis atau menggambar pada tangkapan layar. Tekan ikon Save setelah selesai.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement