Jallab, Minuman Tradisional Ramadhan Asal Lebanon

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil

Ahad 01 May 2022 13:20 WIB

Jallab, minuman khas Timur Tengah saat Ramadhan asal Lebanon Foto: alalali Jallab, minuman khas Timur Tengah saat Ramadhan asal Lebanon

REPUBLIKA.CO.ID,BEIRUT -- Saat matahari terbenam di balik blok apartemen tinggi yang berjajar di Badr Demachkieh di Beirut barat, arus kendaraan berhenti di luar toko roti dan toko minuman tersebar di sepanjang jalan yang sibuk.

Di saat bersamaan, para pelanggan bergegas mengambil kue dan minuman untuk berbuka puasa Ramadhan di hari itu, sebelum beranjak pulang saat kegelapan mulai menutupi.

Baca Juga

Di kios minuman pinggir jalan Juicy Frutti, enam bak besar berbagai minuman disediakan dan diaduk secara berkala agar tetap segar. Di antaranya tersedia Jallab, minuman Ramadhan yang populer di beberapa negara termasuk Lebanon, Suriah, Palestina dan Yordania.

Pemilik kios, Sleiman Al Ali, meraih salah satu dari banyak botol air kosong di tas, sebelum mengisinya dengan minuman manis berwarna gelap yang sebagian besar dibuat dengan mengencerkan sirup air mawar dan tetes tebu dan sering diberi es, kacang pinus dan kismis.