Senin 25 Apr 2022 17:25 WIB

Aktivis Greenpeace Halangi Minyak Rusia Masuk Norwegia

Aktivis Greenpeace merantai diri ke kapal sebagai bentuk protes perang di Ukraina.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Organisasi lingkungan Greenpeace mengatakan aktivis mereka menghalangi kapal tanker minyak yang dikirim dari Rusia masuk ke Norwegia.
Foto: Frank Molter/dpa via AP
Organisasi lingkungan Greenpeace mengatakan aktivis mereka menghalangi kapal tanker minyak yang dikirim dari Rusia masuk ke Norwegia.

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO -- Organisasi lingkungan Greenpeace mengatakan aktivis mereka menghalangi kapal tanker minyak yang dikirim dari Rusia masuk ke Norwegia. Para aktivis itu merantai diri mereka sendiri ke kapal sebagai bentuk protes atas perang di Ukraina.

Dalam cicitannya di Twitter, Senin (25/4/2022) pelacak kapal Marine Traffic mengatakan kapal tanker produk Ust Luga saat ini sedang berlabuh di luar pelabuhan kapal minyak Exxon Mobil di Slagen. Sekitar 70 kilometer sebelah selatan Ibukota Oslo.

Baca Juga

Dalam pernyataannya Greenpeace mengatakan para aktivis datang menggunakan kapal kecil. Kemudian merantai diri mereka sendiri ke rantai jangkar kapal untuk mencegah sekitar 95 ribu ton minyak diturunkan dari atas kapal.

"Minyak tidak hanya akar krisis iklim, tapi juga perang dan konflik, saya terkejut Norwegia beroperasi sebagai pelabuhan bebas bagi minyak Rusia yang kami ketahui membiayai perang Putin," kata kepala Greenpeace Norwegia Frode Plevm.

Greenpeace meminta pemerintah Norwegia untuk melarang impor bahan bakar fosil Rusia. Mereka juga mengatakan Esso Norwegia unit dari Exxon Mobil harus membatalkan semua kontrak impor dari Rusia setelah invasi ke Ukraina.

Pada surat kabar Dagbladet juru bicara Esso Norway mengatakan sebelum Rusia menginvasi Ukraina, perusahaan itu sudah sepakat membeli minyak Rusia. Mereka tidak berencana kembali membeli minyak dari Rusia. Esso belum menanggapi permintaan komentar.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
تِلْكَ الرُّسُلُ فَضَّلْنَا بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍۘ مِنْهُمْ مَّنْ كَلَّمَ اللّٰهُ وَرَفَعَ بَعْضَهُمْ دَرَجٰتٍۗ وَاٰتَيْنَا عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ الْبَيِّنٰتِ وَاَيَّدْنٰهُ بِرُوْحِ الْقُدُسِۗ وَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَا اقْتَتَلَ الَّذِيْنَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ وَلٰكِنِ اخْتَلَفُوْا فَمِنْهُمْ مَّنْ اٰمَنَ وَمِنْهُمْ مَّنْ كَفَرَ ۗوَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَا اقْتَتَلُوْاۗ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يُرِيْدُ ࣖ
Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian mereka dari sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang (langsung) Allah berfirman dengannya dan sebagian lagi ada yang ditinggikan-Nya beberapa derajat. Dan Kami beri Isa putra Maryam beberapa mukjizat dan Kami perkuat dia dengan Rohulkudus. Kalau Allah menghendaki, niscaya orang-orang setelah mereka tidak akan berbunuh-bunuhan, setelah bukti-bukti sampai kepada mereka. Tetapi mereka berselisih, maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) yang kafir. Kalau Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Tetapi Allah berbuat menurut kehendak-Nya.

(QS. Al-Baqarah ayat 253)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement