Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

 

29 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Houthi Tawarkan Pembebasan 200 Tahanan Sebelum Idul Fitri

Senin 25 Apr 2022 11:45 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani

Pendukung Houthi menghadiri rapat umum yang menandai ulang tahun ketujuh intervensi koalisi pimpinan Saudi dalam perang Yaman di Sanaa, Yaman, Sabtu, 26 Maret 2022.

Pendukung Houthi menghadiri rapat umum yang menandai ulang tahun ketujuh intervensi koalisi pimpinan Saudi dalam perang Yaman di Sanaa, Yaman, Sabtu, 26 Maret 2022.

Foto: AP Photo/Abdulsalam Sharhan
Houthi beri tawaran pada PBB terkait pembebasan 200 tahanan sebelum Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, SANA'A -- Kelompok Houthi membuat tawaran baru kepada PBB terkait pembebasan 200 tahanan dari masing-masing pihak yang bertikai di Yaman sebelum Idul Fitri. Hal ini dilaporkan oleh televisi Al-Masirah yang mengutip Kepala Komite Urusan Tahanan Houthi, Abdul Qader al-Murtada.

 

Murtada mengatakan, alasan tawaran baru itu adalah penundaan implementasi perjanjian pertukaran tahanan. Houthi menunggu tanggapan dari Koalisi Arab.

Bulan lalu, pihak-pihak yang bertikai di Yaman membahas kemungkinan pertukaran tahanan. Pertukaran tahanan  dapat membebaskan ratusan tahanan, termasuk 16 warga negara Saudi dan saudara dari mantan Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi. Tetapi sejauh ini tidak ada kesepakatan akhir yang dicapai.

Murtada mengatakan bahwa kesepakatan itu berada di bawah naungan PBB. Berdasarkan kesepakatan pertukaran tahanan tersebut, maka sebanyak 1.400 tahanan Houthi akan dibebaskan dengan imbalan 823 tahanan koalisi, termasuk 16 warga Saudi dan tiga tahanan Sudan.

Awal bulan ini, pihak-pihak yang bertikai dalam konflik di Yaman menyetujui gencatan senjata nasional untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun. Gencatan senjata dicapai di bawah kesepakatan yang ditengahi PBB.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile