Senin 25 Apr 2022 20:15 WIB

Timnas U-23 Bersiap Hadapi Daejon Hana 

Ini akan jadi penutup dari rangkaian persiapan timnas.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas U-23 Indonesia terus melakukan pembenahan menjelang gelaran SEA Games 2021 di Vietnam. Setelah mengalami kekalahan 0-2 dari Pohang Steelers pada laga uji coba beberapa waktu lalu, skuad Garuda Muda selanjutnya akan menghadapi Daejon Hana Citizen pada Rabu (27/4/2022). 

Asisten pelatih Nova Arianto mengatakan saat ini para pemain dalam kondisi baik menjelang laga tersebut. Namun, dia mengungkapkan tidak ada menu latihan yang diberikan kepada Garuda Muda pada Senin (25/4). Nova mengatakan para pemain diistirahatkan menjelang laga uji coba terakhir tersebut. 

Baca Juga

"Hari ini (para pemain) istirahat. Besok tanggal 27 akan ada pertandingan terakhir, semua pemain dalam kondisi baik," kata Nova kepada Republika melalui pesan singkat, Senin (25/4/2022). 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui banyak yang harus dibenahi dari skuad asuhannya. "(Evaluasi ke depan) untuk saat ini tempo pertandingan. Jadi lawan lebih mengandalkan umpan cepat dengan satu-dua sentuhan dan kami tidak bisa mengejarnya," kata Shin Tae Yong dikutip dari YouTube resmi PSSI, Senin (25/4/2022). 

Selain itu, pelatih asal Korea Selatan itu juga menyoroti kelemahan tim dalam dalam passing timming dan penyelesaian akhir. Menurutnya koordinasi juga masih harus diperbaiki karena ada beberapa peluang yang terbuang karena penempatan posisi pemain tidak tepat ketika menyerang. 

"Saat kita mendapat peluang untuk mencetak gol tapi dari belakang tidak ada pemain naik di sana sama sekali," katanya. "Kita akan lebih fokus untuk conditioning agar kita bisa bertanding lebih baik dalam uji coba ke depannya, setelah itu akan kembali ke Jakarta," kata Shin. 

Pertandingan melawan Dajeon Hana Citizen akan menjadi penutup rangkaian pemusatan latihan di Korea Selatan selama dua pekan sebelum Timnas U-23 kembali ke Jakarta lalu terbang menuju Hanoi, Vietnam. Shin bahkan menyempatkan diri menonton pertandingan uji coba antara Daejon melawan Ansan Greeners di Wa Stadium, Ahad (24/4/2022). 

Penyerang timnas U-23, Muhammad Ridwan juga menyoroti dua faktor penting dari kekalahan timnya di laga uji coba sebelumnya. Pertama adalah faktor fisik yang membuat mereka gagal mengejar ketertinggalan di sepuluh menit terakhir dan evaluasi terkait taktikal demi tampil maksimal pada laga selanjutnya 

"Di fisik juga karena kami habis latihan capek (latihan berat), serta secara taktikal," kata Ridwan. 

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement