Sunday, 9 Muharram 1444 / 07 August 2022

Sunday, 9 Muharram 1444 / 07 August 2022

9 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Anies tak Hadir di Paripurna Pilih ke Pasar Gembrong, PDIP: Pencitraan!

Senin 25 Apr 2022 22:34 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI, Johny Simanjuntak.

Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI, Johny Simanjuntak.

Foto: Dok DPRD DKI
DPRD DKI kritik Anies yang mendatangi korban kebakaran daripada hadir di paripurna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan tidak menghadiri sidang paripurna DPRD DKI di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Senin (25/4/2022) siang WIB. Anies pada saat bersamaan lebih memilih mendatangi lokasi kebakaran Pasar Gembrong, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Anies pun menugaskan Wakil Gubernur (Wagub) Ahmad Riza Patria untuk hadir di rapat paripurna dengan agenda laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) APBD 2021.

Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI, Johny Simanjuntak menuding, Anies yang tidak hadir dalam paripurna menunjukkan sosoknya sebagai pemimpin yang arogan dan tidak fokus. Pasalnya, Anies terkesan menyepelekan warga Jakarta dengan tidak merepresentasikan dan mementingkan aturan serta laporan dan kebijakan dalam sidang.

Baca Juga

Johnny menyebut, kedatangan Anies ke lokasi korban kebakaran hanya bersifat pencitraan. Terlebih, sambung dia, kebakaran besar di Pasar Gembong terjadi pada Ahad (24/4/2022) malam WIB. Sehingga Anies seharusnya bisa mengunjungi Pasar Gembrong setelah selesai menghadiri pembacaan LKPJ APBD DKI di sidang paripurna.

"Paling ke sana (Pasar Gembrong) lebih kepada pencitraannya. Padahal, kalau untuk dukungan moral psikologi pemimpin, kan bisa habis LKPJ," jelasnya sekretaris Komisi E DPRD DKI tersebut saat ditemui usai sidang paripurna di gedung DPRD DKI.

Anggota Fraksi Golkar DPRD DKI Basri Baco juga memprotes keputusan Anies yang tidak hadir dalam beberapa rapat paripurna yang membahas agenda penting, salah satunya LKPJ APBD 2021. Dia mengkritik Anies yang memilih mengunjungi lokasi kebakaran kawasan permukiman dan kios di Pasar Gembrong daripada hadir langsung di gedung DPRD DKI.

"Ini pesan keras buat Pak Gubernur, Pak Wagub, dan eksekutif, tolong jangan hanya pentingkan kepentingan dan pencitraan diri sendiri," kata Basri.

Wagub Ahmad Riza Patria mengatakan, Anies memang tidak hadir di rapat paripurna karena memiliki agenda lain. Bagi dia, tidak masalah siapa pun yang menghadiri sidang paripurna lantaran, baik gubernur maupun wagub bisa mewakili Pemprov DKI secara bergantian. "Iya, pak Anies ada acara dalam waktu yang bersamaan. Kami biasa lah, kalau ada acara bergantian," kata Riza.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI tersebut menegaskan, absennya Anies dalam sidang paripurna kali ini sebuah kebetulan. Hal itu lantaran Anies lebih memprioritaskan mengunjungi korban kebakaran yang membuat sekitar 40 pedagang kehilangan mata pencaharian menjelang Lebaran.

"Prinsipnya kalau (Anies) bisa hadir, pasti akan hadir. karena ada kegiatan yg tidak bisa ditinggal, jadi saya mewakili, kan sama aja, yang penting perwakilan pemprov hadir," ucap Riza.

Baca: Anies-Andika Pasangan Ideal dan Berpeluang Pecah Kebuntuan di Pilpres 2024

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile