Pemda DIY Diminta Segera Memperbaiki Jalan Karangsewu-Congot

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemda DIY Diminta Segera Memperbaiki Jalan Karangsewu-Congot (ilustrasi).
Pemda DIY Diminta Segera Memperbaiki Jalan Karangsewu-Congot (ilustrasi). | Foto: Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID,KULON PROGO -- Anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nasib Wardaya meminta Pemerintah DIY segera memperbaiki ruas jalan di Desa Karangsewu sampai Congot karena kondisinya rusak parah dan berlubang akibat dilalui kendaraan pengangkut pasir.

Ia mengatakan ruas jalan yang menjadi peninggalan jalur Asisten Residen AD Daendelsmulai dari Karangsewu sampai Congotini banyak berlubang, sehingga membahayakan pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat. "Status Jalan Daendels adalah jalan provinsi. Kondisi saat ini rusak parah karena dilalui kendaraan pengangkut pasir dengan kapasitas melebihi tonase. Untuk itu, kami berharap Pemerintah DIY segera memperbaiki jalan tersebut," kata Nasib Wardaya di Kulon Progo, Selasa (26/4/2022).

Ia mengatakan jalan yang mulai rusak tersebut juga diperparah dengan tidak adanya lampu penerangan jalan umum (LPJU) yang memadai sehingga tidak layak untuk menjadi jalur mudik. "Jalan Daendels tidak layak menjadi jalur mudik, karena kondisi jalan rusak parah dan ditambah LPJU sepanjang Jalan Daendels sangat minim. LPJU yang adapun mati, khususnya di Desa Karangwuni. Sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan sangat tinggi," katanya.

Nasib juga berharap kondisi Jalan Daendels yang rusak parah menjadi perhatian Pemkab Kulon Progo, dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub), untuk segera memasang rambu-rambu peringatan supaya masyarakat mengendarai kendaraan dengan pelan. "Kulon Progo ini jalur mudik, jangan sampai dianggap sebagai tuan rumah tidak bisa melayani pemudik dengan baik," katanya.

Baca Juga

Sementara itu, salah satu warga Desa Palihan Purnomo Wiji Wiyanto mengatakan Jalan Daendels sudah rusak dalam beberapa tahun terakhir. Namun kondisi paling parah terjadi pada saat ini.

Sepanjang Jalan Daendels dari Karangsewu, Bugel, Pleret, Garongan, Glahah dan Palihanterpantau rusak parah, dengan kondisi jalan berlubang. Di sepanjang jalan tersebut sering terjadi kecelakaan lalu lintas, terutama bagi pengendara sepeda motor. "Kami berharap kondisi Jalan Daendels dari Karangsewu hingga Pleret segera mendapat perhatian dari Pemda DIY," harapnya.

sumber : ANTARA
Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id

Terkait


DIY Antisipasi Peningkatan Mobilitas Selama Mudik dan Libur Lebaran

Pemda DIY Sebut tak Ada Open House, Tapi Halal Bihalal Dibatasi

Ketersediaan Pangan Aman, Masyarakat Tetap Diminta Waspada

Perbaikan Jalan Juanda Tangerang Tunggu Keputusan AP II

Pemda DIY Larang ASN Gunakan Kendaraan Dinas untuk Mudik Lebaran

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark