UAD Yogyakarta Menuju PTM 100 Persen

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus utama UAD Yogyakarta.
Kampus utama UAD Yogyakarta. | Foto: Dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta tengah melakukan persiapan menuju perkuliahan tatap muka (PTM) 100 persen. Direncanakan, PTM 100 persen ini akan dimulai pada semester baru nantinya.

Rektor UAD, Muchlas mengatakan, akan diterapkannya PTM 100 dengan pertimbangan atas beberapa faktor. Salah satunya karena saat ini penyebaran Covid-19 landai, khususnya di DIY.

Selain itu, level PPKM di DIY juga sudah diturunkan menjadi level 2. Hal ini juga mendukung pihaknya untuk menambah porsi perkuliahan tatap muka.

"Kebijakan pemerintah menurunkan level (PPKM) tentu akan kita sambut dengan memperbesar tatap muka. Insya Allah (kita mulai) semester depan," kata Muchlas dalam acara Buka Bersama Pimpinan dan Forum Wartawan UAD di Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, Senin (25/4/2022).

Meskipun begitu, perkuliahan tatap muka ini nantinya direncanakan berdasarkan mata kuliah tertentu. Artinya, tidak semua mata kuliah yang akan dilakukan dengan tatap muka 100 persen.

"Semester depan fully offline dan kita pilih beberapa mata kuliah untuk fully offline," ujar Muchlas.

Muchlas menjelaskan, saat ini sistem perkuliahan masih blended learning. Pihaknya memadukan sistem perkuliahan offline (luring) dan online (daring).

Meskipun begitu, porsi offline dan online ini tidak sama. Porsi untuk perkuliahan offline dibuat lebih besar dibanding online

"Blended sekarang itu mahasiswa dalam satu kelas ada sebagian online dan sebagian offline, tapi dosen tetap di kelas," jelasnya.  

Muchlas juga menyebut ada beberapa program UAD yang tertunda karena pandemi Covid-19. Meskipun begitu, pihaknya tetap fokus pada pengembangan akademik dan menjadikan UAD yang berkelas dunia.

"Ini bukan pekerjaan yang mudah, selama ini sudah kita tempuh beberapa prgram dan konsisten melaksanakan itu. Selama pandemi juga tertunda internasionalisasi UAD," tambah Muchlas.

Program internasionalisasi yang saat ini masih terus berlanjut yakni dengan mengirimkan mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi mitra UAD yang berada di luar negeri. Begitu juga sebaliknya, kata Muchlas, meskipun beberapa dari pertukaran mahasiswa ini mengikuti kegiatan akademik secara online.

"Terbaru, kami sempat mengiri lima orang ke Eropa secara fisik, sampai sekarang belum pulang karena belum selesai, programnya masih terus jalan," ujarnya.

Setidaknya, hingga saat ini sudah lebih dari 100 perguruan tinggi mitra UAD di luar negeri. Perguruan tinggi tersebut tersebar di 48 negara di dunia.  "Kita menambah menjalin kerja sama dengan Turki, dengan lima perguruan tinggi di Turki," kata Muchlas

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Hal-Hal yang Perlu Disiapkan Hadapi Kuliah Tatap Muka

Universitas Bengkulu Gelar Tatap Muka Terbatas Mulai 24 Januari 2022

UB Mulai Terapkan Sistem Hybrid dengan Aturan Ketat

Kampus di Depok Bersiap Kuliah Tatap Muka

ITB Mulai Uji Coba Kuliah Tatap Muka Secara Bertahap

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark