Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

 

4 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Erick Thohir Dinilai Bisa Jadi Penentu pada Pilpres 2024

Selasa 26 Apr 2022 10:00 WIB

Red: Muhammad Hafil

 Erick Thohir Dinilai Bisa Jadi Penentu Pada Pilpres 2024. Foto:  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Erick Thohir Dinilai Bisa Jadi Penentu Pada Pilpres 2024. Foto: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Foto: dok. Kementerian BUMN
Elektabilitas Erick Thohir mampu mendongkrak pasangannya.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Peta kontestasi Pemilihan Presiden 2024 semakin menarik. Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia, ada satu nama calon potensial yang elektabilitas dan popularitasnya terus meroket, yakni Menteri BUMN Erick Thohir. 

 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, elektabilitas Erick Thohir bahkan sudah menyamai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. 

Baca Juga

“Dari simulasi 19 nama, kami mendapati jika elektabilitas Erick Thohir sudah menyamai Sandiaga Uno di angka 2,4 persen,” kata Burhan saat memaparkan hasil survei bertajuk Evaluasi Publik atas Kinerja Pemerintah, Prospek Partai Politik dan Calon Presiden 2024 secara virtual, Selasa (26/4/2022). 

Burhan menilai kenaikan elektabilitas Erick Thohir merupakan sesuatu yang baru. Pasalnya, hasil survei pada bulan Februari lalu, elektabilitas Erick Thohir baru berada di angka 1,3 persen dalam simulasi 19 nama. 

Ketika itu, Erick masih berada di belakang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (2,6 persen) dan Menteri Sosial Tri Rismaharini (2 persen). 

Kini, elektabilitas Erick berada di atas Khofifah dan Tri Rismaharini. Itu karena elektabilitas Khofifah berada di angka 1,9 persen, sementara Tri Rismaharini 1,3 persen. 

“Kenaikan elektabilitas secara drastis dalam durasi yang tak terlalu lama ini sesuatu yang baru. Ada banyak penyebabnya, salah satunya terkait kinerja Erick Thohir yang dinilai paling bagus di antara menteri lainnya,” kata Burhan. 

Tren kenaikan elektabilitas Erick bukanlah kali pertama. Pada Februari 2022, elektabilitas Erick juga mengalami peningkatan jika dibandingkan Desember tahun lalu. 

Selain elektabilitas, tingkat pengenalan dan ketersukaan masyarakat terhadap Erick Thohir juga cenderung tinggi. Dalam catatan Indikator, tingkat pengenalan masyarakat terhadap Erick Thohir mencapai 53,6 persen, dengan tingkat kesukaannya sebesar 75,9 persen. 

Tren tersebut, dinilai Burhan, menjadikan Erick memiliki kans besar masuk dalam bursa calon presiden, bahkan calon wakil presiden. Pasalnya, dari simulasi sejumlah nama, Erick selalu masuk sebagai pilihan masyarakat, baik sebagai calon presiden atau calon wakil presiden. 

Dari hasil survei Indikator juga diketahui jika elektabilitas Erick bisa menjadi penentu kemenangan. Ini karena elektabilitas Erick mampu mendongkrak pasangannya, ketika ia ditempatkan sebagai calon wakil presiden. 

“Saya melihat peluang Erick ini sangat besar. Bahkan, ia bisa menjadi penentu dari peta kontestasi menuju Pilpres 2024,” ujar Burhan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile