Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

13 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

M Taufik Disebut Masih Bertahan di Gerindra Meski Sudah Digantikan

Selasa 26 Apr 2022 10:26 WIB

Red: Indira Rezkisari

Politikus Partai Gerindra DKI Jakarta - Mohamad Taufik

Politikus Partai Gerindra DKI Jakarta - Mohamad Taufik

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Posisi M Taufik sebagai Ketua DPRD DKI digantikan Rany Mauliani.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Antara, Zainur Mahsir Ramadhan

JAKARTA -- Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan politikus senior Mohamad Taufik tetap berada di partai dengan lambang burung Garuda itu. Pernyataannya muncul setelah sebelumnya Taufik diisukan akan berpindah partai seiring tak lagi menjabatnya dia sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta.

Baca Juga

"Jangan ada spekulasi lain, Pak Taufik tetap bersama kami," kata Riza Patria di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Menurut dia, Taufik memiliki pengalaman politik yang matang sekaligus sebagai guru dan mentor bagi para junior di partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu. Dia menjelaskan Taufik berperan meningkatkan perolehan kursi anggota dewan di DKI hingga 19 kursi pada 2019 ketika menjadi Ketua DPD Gerindra DKI.

Riza yang juga Wakil Gubernur DKI ini menambahkan Taufik juga berkontribusi ketika Gerindra mengusung pasangan Jokowi-Ahok dan Anies-Sandi berhasil menang pada Pilkada DKI. "Pak Taufik ini ilmunya harus diturunkan ke adik-adiknya, ke kader-kadernya, diturunkan ke Rany, Rany turunkan lagi ke yang lain. Semua begitu. Ganti komisi dan lain-lain itu suatu yang biasa," ucapnya.

Sementara itu, Taufik memimpin sendiri rapat paripurna pengumuman penghentian dirinya sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Ia sekaligus mengumumkan juniornya Rany Mauliani, sebagai penggantinya yang saat ini sedang diusulkan kepada Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur DKI.

"Normal saja, di Gerindra itu pergantian biasa saja," kata Taufik ketika ditanya wartawan terkait penghentian dirinya sebagai Wakil Ketua DPRD DKI.

Politikus senior itu nantinya akan duduk menjadi anggota DPRD DKI namun ia belum mengetahui komisi yang akan diduduki. Di DPD Gerindra, Taufik menjadi Ketua Dewan Penasehat DPD Gerindra DKI Jakarta. Sementara itu, pengganti Taufik adalah Anggota Komisi E DPRD DKI sekaligus Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Rany Mauliani.

Dikatakan Taufik, keputusan pemberhentian dirinya itu sesuai dengan surat keputusan DPD Gerindra nomor 03/0075/KPTS/DPP GERINDRA/ tertanggal 2 Maret 2022. Menurutnya, rapat paripurna ini juga telah ditetapkan pada 9 April 2022 di rapat Bamus sebelumnya.

Rapat paripurna kali ini hanya untuk mengusulkan peresmian pengangkatan melalui Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, untuk sisa masa jabatan 2019-2024. Dia menambahkan, alasan pergantian tersebut menjadi hal biasa di Gerindra. Ditanya komisi mana ke depannya setelah tak menjabat wakil ketua, Taufik menampiknya.

Taufik menegaskan, hingga saat ini dirinya masih menjabat Ketua Dewan Penasehat DPD Gerindra DKI Jakarta. Ditanya pindah haluan ke partai lain, Taufik tak membantahnya, meski tak mengiyakan. “Sampai saat ini kan saya masih di Gerindra,” kata Taufik.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani, sudah resmi diusulkan menggantikan M Taufik sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. “Terima kasih banyak, hari ini cuma ada pergantian, ini cuma pergeseran tugas,” kata Rani.

Dia berharap, masih bisa mendapat arahan dari M Taufik, meski sudah tak menjabat Wakil Ketua DPRD DKI nantinya. “Yang pasti mohon arahan, jangan pernah bosan memberikan pelajaran terbaik,” tuturnya.

Rapat yang dipimpin langsung oleh M Taufik itu, diklaimnya pula telah sesuai ketentuan dan tata tertib yang ada.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile