Rabu 27 Apr 2022 10:00 WIB

Djokovic Dapat Kesempatan Pertahankan Gelar Wimbledon

Wimbledon tak mewajibkan petenis divaksinasi sebelum ambil bagian tahun ini.

Red: Israr Itah
 Petenis Novak Djokovic dari Serbia bisa berlaga di Wimbledon tahun ini.
Foto: AP/Darko Vojinovic
Petenis Novak Djokovic dari Serbia bisa berlaga di Wimbledon tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petenis yang tidak divaksin tidak dilarang berpartisipasi di Wimbledon, membuka jalan bagi Novak Djokovic untuk mempertahankan gelar tunggal putra pada Juni mendatang. CEO All England Lawn Tennis Club, Sally Bolton, mengatakan Wimbledon tidak akan mewajibkan vaksinasi Covid-19. Dia menambahkan, peserta tidak diharuskan untuk karantina pada saat kedatangan menjelang turnamen.

"Persyaratan yang ditetapkan tidak termasuk vaksinasi wajib. Itu tidak akan menjadi syarat masuk untuk turnamen tahun ini," kata Bolton, dikutip dari Reuters, Rabu (27/4/2022). 

Baca Juga

Wimbledon dimulai 27 Juni, ketika Djokovic memiliki kesempatan untuk menjadi juara tujuh kali di turnamen lapangan rumput itu.

Djokovic mendapatkan pengalaman tak mengenakkan terkait aturan vaksin. Ia berada di Australia dan bahkan berlatih di lapangan setelah dikirim ke hotel detensi imigrasi dalam tarik ulur hukum dengan pejabat tinggi di negara itu tahun ini.Petenis Serbia itu akhirnya dipulangkan karena statusnya yang tidak divaksinasi.

Masalah tersebut terjadi di pengadilan ketika pejabat Australia menandai Djokovic karena melanggar karantina sebelum kedatangannya. Djokovic juga menyerahkan dokumen yang tidak akurat untuk menerima pengecualian bermain dalam ajang yang berlangsung pada Januari lalu.

Djokovic berencana untuk bersaing di French Open dan secara terbuka keberatan dengan larangan Wimbledon terhadap petenis Rusia dan Belarus untuk berkompetisi. Bolton mengatakan keputusan itu dibuat di bawah arahan langsung dari pemerintah Inggris. Di antara pemain yang dilarang bermain di sektor putra ada peringkat 2 dunia Daniil Medvedev dan peringkat 8 Andrey Rublev. Keputusan tersebut adalah pertama kalinya setelah Perang Dunia II yang melarang petenis bermain berdasarkan kebangsaan, waktu itu Jerman dan Jepang dilarang berkompetisi.

Djokovic (34) sedang mengincar gelar juara turnamen major ke-21, dan saat ini berada satu langkah di belakang Rafael Nadal dengan 20 gelar Grand Slam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement