Rabu 27 Apr 2022 14:16 WIB

Pembangunan Tol Cijago Seksi III Terhambat Pembebasan Lahan

Ada 12 titik pembebasan lahan proyek Tol Cijago Seksi III dari Kukusan-Krukut.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra
Papan larangan untuk memasuki kawasan lahan proyek Tol Cijago Seksi III terpasang di Tanah Baru, Kota Depok, Jawa Barat, Ahad (5/9/2021).
Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Papan larangan untuk memasuki kawasan lahan proyek Tol Cijago Seksi III terpasang di Tanah Baru, Kota Depok, Jawa Barat, Ahad (5/9/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Progres pembangunan jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi III kemungkinan terhambat karena permasalahan pembebasan lahan yang sebagian belum terselesaikan. Tol Cijago Seksi III masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) ditargetkan selesai pada Oktober 2022, namun sepertinya molor.

Tol Cijago Seksi III merupakan tahapan terakhir yang menghubungkan kawasan Kukusan-Krukut yang tersambung dengan jalan Tol Depok-Antasari (Desari) dan Krukut-Cinere. Saat ini, Tol Cijago sudah beroperasi dari Jagorawi hingga Kukusan.

Target pembangunan Tol Cijago Seksi III dari kawasan Kukusan-Tanah Baru-Krukut selesai dan tersambung dengan Tol Desari pada akhir Mei 2022. Sayangnya, berdasarkan informasi, ada sejumlah hambatan yang membuat proyek Tol Cijago PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) terhambat masalah pembebasan lahan.

Ada sejumlah titik pembebasan lahan yang terkendala karena lahan sengketa dan wakaf. Terdapat 12 titik pembebasan lahan proyek Tol Cijago Seksi III dari Kukusan-Krukut Tol Desari yang masih bermasalah sengketa, lahan wakaf, dan lahan tak dikenal. Totalnya ada empat bidang lahan di kawasan Krukut yang akan dikonsiyasikan atau uang ganti untung dititipkan ke pengadilan

Direktur Utama PT TLKJ, Hilman Muchsin mengeklaim, pembangunan proyek jalan Tol Cijago Seksi III berjalan lancar. Hanya saja, ia mengakui, ada sejumlah hambatan di beberapa titik pembebasan lahan sengketa dan wakaf.

"Kami lakukan percepatan pembangunan Tol Cijago seksi III, dari ruas Kukusan-Krukut yang tersambung dengan Tol Desari diharapkan dapat selesai akhir Mei 2022, dan beroperasi Juni 2022. Sedangkan dari ruas Krukut-Limo-Cinere dan tersambung dengan Tol Serpong dapat selesai Oktober 2022 dan beroperasi pada November 2022," ujar Hilman di kantor PT TLKJ, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (26/4/2022).

Pembangunan Tol Cijago Seksi III dan Tol Serpong-Cinere yang termasuk bagian Jalan Tol Outer Ring Road (JORR) II, dibangun untuk meningkatkan konektivitas kawasan Jabodetabek mendapat perhatian serius dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Kami mendukung penuh agar proyek Tol Cijago Seksi III sepanjang 5,44 kilometer dapat selesai tepat waktu," ujar Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Rahman Hidayat.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ثُمَّ اَنْزَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْۢ بَعْدِ الْغَمِّ اَمَنَةً نُّعَاسًا يَّغْشٰى طَۤاىِٕفَةً مِّنْكُمْ ۙ وَطَۤاىِٕفَةٌ قَدْ اَهَمَّتْهُمْ اَنْفُسُهُمْ يَظُنُّوْنَ بِاللّٰهِ غَيْرَ الْحَقِّ ظَنَّ الْجَاهِلِيَّةِ ۗ يَقُوْلُوْنَ هَلْ لَّنَا مِنَ الْاَمْرِ مِنْ شَيْءٍ ۗ قُلْ اِنَّ الْاَمْرَ كُلَّهٗ لِلّٰهِ ۗ يُخْفُوْنَ فِيْٓ اَنْفُسِهِمْ مَّا لَا يُبْدُوْنَ لَكَ ۗ يَقُوْلُوْنَ لَوْ كَانَ لَنَا مِنَ الْاَمْرِ شَيْءٌ مَّا قُتِلْنَا هٰهُنَا ۗ قُلْ لَّوْ كُنْتُمْ فِيْ بُيُوْتِكُمْ لَبَرَزَ الَّذِيْنَ كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقَتْلُ اِلٰى مَضَاجِعِهِمْ ۚ وَلِيَبْتَلِيَ اللّٰهُ مَا فِيْ صُدُوْرِكُمْ وَلِيُمَحِّصَ مَا فِيْ قُلُوْبِكُمْ ۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌ ۢبِذَاتِ الصُّدُوْرِ
Kemudian setelah kamu ditimpa kesedihan, Dia menurunkan rasa aman kepadamu (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari kamu, sedangkan segolongan lagi telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri; mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliah. Mereka berkata, “Adakah sesuatu yang dapat kita perbuat dalam urusan ini?” Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya segala urusan itu di tangan Allah.” Mereka menyembunyikan dalam hatinya apa yang tidak mereka terangkan kepadamu. Mereka berkata, “Sekiranya ada sesuatu yang dapat kita perbuat dalam urusan ini, niscaya kita tidak akan dibunuh (dikalahkan) di sini.” Katakanlah (Muhammad), “Meskipun kamu ada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditetapkan akan mati terbunuh itu keluar (juga) ke tempat mereka terbunuh.” Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Dan Allah Maha Mengetahui isi hati.

(QS. Ali 'Imran ayat 154)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement