Kamis 28 Apr 2022 13:28 WIB

KSAL Berangkatkan 33 Bus untuk Mudik Lebaran Personel TNI AL

Ada 88 bus berkapasitas 4.500 kursi yang disiapkan oleh TNI AL dalam mudik bersama.

Rep: Flori Anastasia Sidebang/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono (tengah) melepas keberangkatan 33 bus dalam rangka Mudik Bersama TNI AL 2022 secara serentak di Lapangan Apel Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (28/4).
Foto: Republika/Flori sidebang
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono (tengah) melepas keberangkatan 33 bus dalam rangka Mudik Bersama TNI AL 2022 secara serentak di Lapangan Apel Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (28/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melepas keberangkatan puluhan bus dalam rangka Mudik Bersama TNI AL 2022 secara serentak di Lapangan Apel Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (28/4). Ada 33 bus dengan jumlah penumpang sekitar 1.378 personel TNI AL dan keluarganya yang ikut mudik gratis.

Sementara itu, Kolinlamil juga memberangkatkan sembilan bus dengan jumlah penumpanh 423 orang. Kemudian, Koarmada RI dan Koarmada I memberangkatkan 10 bus dengan jumlah penumpang 406 orang, Kormar 18 bus dengan 787 penumpang, Lantamal III sebanyak tiga bus dengan 114 penumpang, dan enam bus dari Seskoal dengan 251 penumpang.

Diketahui ada 88 bus dengan kapasitas 4.500 kursi yang disiapkan oleh TNI AL dalam kegiatan mudik bersama tersebut. Kegiatan itu bekerja sama dengan sejumlah mitra bank dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Yudo mengatakan, mudik bersama tersebut merupakan program Mabesal yang digelar setiap tahunnya. Namun, jelas dia, dalam dua tahun terakhir tidak dilakukan lantaran pandemi Covid-19 yang terjadi. "Ini sudah dibuka kembali dan kita laksanakan kembali. Sehingga kesejahteraan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh keluarga besar Angkatan Laut," kata Yudo di lokasi.

Dia pun berharap, dengan adanya program mudik bersama ini, para personel maupun PNS TNI AL bisa bertemu dan bersilaturahim dengan sanak saudara di daerah asal masing-masing. Sehingga nantinya dapat kembali bekerja dengan penuh semangat.

"Harapan kita semuanya, mereka berbahagia semuanya dengan mereka dapat mudik, dapat cuti ini, tentunya dapat bertemu dengan handai taulan di kampungnya, sehingga kembali ke satuan lebih semangat lagi untik bekerja ke depan," tutur Yudo.

Adapun rute bus Mudik Lebaran Bersama TNI AL ini sebagai berikut:

a. Jakarta-Surabaya lewat Utara di antaranya melewati Cirebon-Tegal-Pemalang-Pekalongaan-Semarang-Lamongan-Kudus.

b. Jakarta-Solo-Surabaya lewat Selatan di antaranya melewati Solo-Sragen-Madiun-Nganjuk Mojokerto dan Madiun.

C. Jakarta-Yogyakarta lewat Tengah di antaranya melewati Banyumas-Purwokerto-Kebumen-Purworejo-Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Yudo didampingi Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono. Kemudian, turut hadir Wakil KSAL Laksamana Madya (Laksdya) Ahmadi Heri Purwono beserta istri, dan jajaran pejabat utama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement