Kamis 28 Apr 2022 17:24 WIB

Saran Rangnick kepada Ten Hag soal Pemegang Ban Kapten United

Rangnick ingin ada pergantian kapten musim depan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Reaksi manajer Manchester United Ralf Rangnick setelah pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Tottenham Hotspur di Manchester, Inggris, Ahad (13/3) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/ANDREW YATES
Reaksi manajer Manchester United Ralf Rangnick setelah pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Tottenham Hotspur di Manchester, Inggris, Ahad (13/3) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih sementara Manchester United, Ralf Rangnick, menyarankan kepada pelatih United pada musim depan, Erik Ten Hag, untuk menerapkan sistem baru dalam memilih kapten tim. Rangnick menyebut sistem yang kerap diterapkan di Jerman dapat menjadi sistem yang bisa ditiru Ten Hag.

Saran pelatih asal Jerman itu sekaligus menjadi respon Rangnick soal berbagai kritik yang diterima Harry Maguire sebagai kapten United. Bek tengah asal Inggris itu dinilai bukan sosok yang tepat untuk memimpin rekan-rekan setimnya di Setan Merah.

Baca Juga

Tidak hanya soal minimnya kepemimpinan di atas lapangan, performa Maguire juga dianggap jauh dari kata memuaskan. Eks bek tengah Leicester City itu kerap melakukan blunder dan dinilai menjadi biang keladi kegagalan United dalam berburu kemenangan.

Alhasil, posisi Maguire sebagai kapten United pun berada dalam ancaman. Pemain bertahan temahal sejagat itu digadang-gadang akan dicopot sebagai kapten United pada masa depan.

Rangnick seolah memberikan isyarat persetujuannya soal kemungkinan pergantian kapten United pada musim depan. Bahkan, Rangnick menyarankan sebuah sistem baru kepada Ten Hag dalam memilih kapten tim United pada musim depan.

''Saya percaya sepenuhnya, kapten tim harus dipilih oleh para pemain, karena dia yang akan mengelola rekan-rekan setimnya. Di Jerman, biasanya kami akan memilih empat hingga lima pemain yang nantinya akan dipilih oleh para pemain sebagai kapten tim,'' ujar Rangnick seperti dikutip One Football, Kamis (28/4/2022). 

Eks pelatih Hoffenheim itu pun menilai, pergantian sosok pemegang ban kapten United pada musim depan menjadi salah satu langkah yang harus diambil Ten Hag. ''Apabila saya masih berada di tim ini, maka saya akan melakukannya, tapi saya tidak akan ada di tim ini. Karena itu, Ten Hag harus memutuskan hal ini,'' ujar Rangnick.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement