Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

3 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pemudik Diimbau tak Suntik Booster di Hari Keberangkatan Mudik, Ini Alasannya

Kamis 28 Apr 2022 17:30 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Christiyaningsih

Ada pertimbangan kesehatan mengapa suntik booster sebaiknya sebelum hari H mudik. Ilustrasi.

Ada pertimbangan kesehatan mengapa suntik booster sebaiknya sebelum hari H mudik. Ilustrasi.

Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Ada pertimbangan kesehatan mengapa suntik booster sebaiknya sebelum hari H mudik

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengimbau para pemudik untuk tidak disuntik vaksinasi penguat atau booster pada hari H keberangkatan. Masyarakat diminta untuk melakukan booster beberapa hari sebelum keberangkatan agar dapat mengantisipasi terjadinya efek samping saat mudik.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni mengatakan,imbauan tersebut disampaikan lantaran adanya kekhawatiran munculnya kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) yang dapat berpotensi mengganggu perjalanan mudik. “Usai suntik vaksin ada waktu observasi 30 menit. Kalau dilakukan di hari H keberangkatan dengan waktu yang buru-buru, dikhawatirkan tidak terpantau dengan maksimal. Jadi baiknya jauh-jauh hari boosternya,” tutur Dini dalam keterangannya, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga

Dia menyebut proses pembentukan antibodi Covid-19 tidak terjadi secara instan, melainkan membutuhkan waktu kurang lebih seminggu setelah vaksinasi. Pemudik diharapkan memperhatikan imbauan tersebut demi keselamatan bersama saat melakukan perjalanan mudik.

Terkait capaian vaksinasi, data Dinkes Kota Tangerang mencatat realisasi vaksinasi booster telah mencapai angka 530.462 orang. Angka itu menunjukkan capaiannya menyentuh 35,9 persen dari target sekitar 1,5 juta jiwa.

Adapun realisasi vaksinasi dosis satu sebanyak 1.626.351 jiwa atau 109,9 persen dan dosis dua sebanyak 1.302.163 jiwa atau 88 persen. Dini memastikan pihaknya terus menggencarkan kegiatan vaksinasi bagi masyarakat Kota Tangerang untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Sebanyak 38 puskesmas di Kota Tangerang disebut akan tetap membuka gerai vaksinasi kecuali Sabtu dan Ahad sepanjang libur Lebaran. Selain itu pusat vaksinasi di Tangcity Mal juga tetap buka.

“Jelang lebaran capaian vaksinasi harian Kota Tangerang bisa dikatakan meningkat hingga bisa lima ribu jiwa per harinya. Semoga bisa kian tercapai hingga hari Lebaran atau setelah Lebaran nanti,” terangnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile