Jumat 29 Apr 2022 05:46 WIB

Bali United Kebut Persiapan Jadi Tuan Rumah Piala AFC

Proses pemasangan single seat di Stadion Dipta berlangsung sejak Sabtu (23/4) lalu.

Red: Israr Itah
Foto udara Stadion Kapten I Wayan Dipta (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Foto udara Stadion Kapten I Wayan Dipta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manajemen Bali United FC mengebut persiapan menjadi tuan rumah Piala AFC 2022. Salah satunya dengan menuntaskan pemasangan kursi penonton di tribun Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Proses pemasangan sudah berlangsung sejak Sabtu (23/4/2022) lalu, dari sisi tribun utara. Targetnya kursi mengelilingi seluruh tribun di stadion yang baru menyelesaikan pelaksanaan kompetisi Liga 1 musim 2021/2022 itu.

Baca Juga

"Pemasangan single seat ini sebagai bentuk persiapan kami sebagai tuan rumah di Piala AFC mendatang," kata perwakilan manajemen Bali United FC Ketut Suantika, dikutip dari laman resmi klub, Kamis (28/4/2022).

Ketut yang juga koordinator pelaksana pertandingan di Stadion Dipta menjelaskan, pemasangan single seat itu melengkapi 5.000 kursi penonton dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Penambahan single seat di Stadion Dipta saat ini berjumlah 8.000 ditambah yang sudah ada dari PUPR sebanyak 5.000. Jadi, totalnya ada 13.000 single seat yang mengelilingi tribun di Stadion Dipta," ujarnya.

Jika sebelumnya di tribun barat sudah dihiasi 5.000 kursi, maka kapasitas Stadion Kapten I Wayan Dipta dengan tambahan 13 ribu kursi itu bisa dipadati penonton sekitar 18 ribu suporter. Jumlah itu lebih mengerucut 40 persen dari jumlah sebelumnya yang bisa menampung 25 ribu-27 ribu penonton.

Ketut juga meyakini kehadiran penonton bisa terlaksana, bergantung situasi dan proses perizinan saat pelaksanaan Piala AFC mendatang di Bali. "Sangat memungkinkan jika boleh dihadiri penonton mengingat perizinan berbagai acara sudah mulai terlihat di berbagai kota di seluruh Indonesia. Untuk itu, kita dari manajemen mulai bergerak memasang 'single seat' ini sebagai salah satu standar pelaksanaan Piala AFC nantinya," katanya.

Ketut menyebutkan kesiapan Stadion Dipta sudah mencapai 75 persen dari kondisi rumput lapangan, drainase, serta top dressing yang baik."Ditambah dengan fasilitas penunjang yang sudah sangat baik berkat kinerja dari Pemda Kabupaten Gianyar dan PUPR Pusat," katanya.

Pada ajang Piala AFC 2022, Serdadu Tridatu tergabung di grup G bersama tiga tim dari negara lain di Asia Tenggara, yakni Kedah Darul Aman FC dari Malaysia, Kaya FC-Iloilo dari Filipina, dan Visakha FC dari Kamboja. Piala AFC 2022 penyisihan Grup G rencananya digelar pada 24-30 Juni 2022 mendatang di Bali.

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement