Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

10 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Mengenang Perjuangan Dakwah Sosial LKSA KH Ahmad Dahlan

Jumat 29 Apr 2022 15:01 WIB

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)

Mengenang Perjuangan Dakwah Sosial LKSA KH Ahmad Dahlan  - Suara Muhammadiyah

Mengenang Perjuangan Dakwah Sosial LKSA KH Ahmad Dahlan  - Suara Muhammadiyah

Mengenang Perjuangan Dakwah Sosial LKSA KH Ahmad Dahlan

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Memasuki sepuluh hari terakhir di bulan suci Ramadhan, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) KH. Achmad Dahlan menggelar buka bersama sekaligus silaturrahmi bersama Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan Surabaya, Kamis (28/04/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan, MPS beserta jajarannya, juga seluruh Kepala LKSA KH. Achmad Dahlan dari awal periode hingga saat ini, serta pengelola yang diisi momentum mengenang sejarah, evaluasi, ditutup dengan ramah tamah.

Ketua Majelis Pelayanan Sosial PCM Krembangan, Choirul Alimin, SP dalam sambutannya memaparkan, tahun kedepan LKSA KH. Achmad Dahlan akan merenovasi rumah wakaf diharapkan akan menjadikan sentral perekonomian wali santri supaya bisa lebih mandiri dalam perekonomian supaya tidak hanya bergantung pada donatur.

“Beberapa pekan yang lalu LKSA KH. Achmad Dahlan melakukan launching Dahlan Store dimana merupakan wadah untuk menampung produk-produk yang akan menunjang perekonomian, mari kita manfaatkan semaksimal mungkin”, terang Choirul Alimin.

Ditempat yang sama, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Krembangan Surabaya, Sutikno, S.Sos menambahkan, kegiatan tersebut merupakan momentum yang luar biasa, bagaimana kita dapat mengenang sejarah mulai dari kepemimpinan pertama LKSA tersebut, yaitu bapak Teguh Suryadi hingga kepemimpinan periode saat ini yang dipegang oleh bapak Slamet Supriyadi.

“Sejarah tersebut harus dikenalkan kepada generasi muda, karena kualitas nilainya sangat tinggi. Bagaimana dulu awal mendirikan panti hingga saat ini, dimana pada zaman dahulu para tokoh Muhammadiyah dan pengelola panti berjuang dalam kondisi kremil masih dalam lingkup lokalisasi”, papar Sutikno.

Lanjut Sutikno menambahkan, diperlukan adanya penataan supaya LKSA KH. Achmad Dahlan mendapatkan kepercayaan yang lebih dari masyarakat, serta jadikan panti tersebut sebagai Amal Usaha Muhammadiyah yang teladan dan amanah.

Sementara itu, Kepala LKSA KH. Achmad Dahlan periode 2004 – 2007, Teguh Suryadi, S.Si menceritakan, pertama kali pendirian LKSA KH. Achmad merupakan momentum yang sangat berharga.

“Menjadi kepala LKSA periode pertama merupakan momentum yang sangat berharga bagi kehidupan saya, karena pertama kali belajar bagaimana cara mengelola Muhammadiyah, apalagi PCM Krembangan sampai saat ini masih melanjutkan dakwah sosialnya hingga beberapa AUM di Krembangan serta melakukan renovasi”, ungkap Teguh.

Lanjut Teguh, Muhammadiyah merupakan catatan pribadi sampai saat ini masih tetap ada porsi khusus hingga terbawa di tempat kerja, semoga tali silahturahim ini terus berlanjut dan tidak berhenti sampai saat ini.

Diakhir kegiatan ditutup pemberian bingkisan lebaran, doa, buka puasa bersama, serta motivasi dari H. Djuma’ali selaku Tokoh Muhammadiyah Krembangan. (Yuda Panuluh)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile