Sabtu 30 Apr 2022 13:15 WIB

Menguji Ketahanan Newcastle United Kontra Liverpool

Newcastle berubah dari tim zona degradasi menjadi kandidat pesaing papan atas

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Newcastle United akan menjamu Liverpool akhir pekan ini di Liga Primer Inggris.
Foto: Republika
Newcastle United akan menjamu Liverpool akhir pekan ini di Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Newcastle United akan menjamu Liverpool pada pekan ke-35 Liga Primer Inggris di Stadion St. James’ Park, Sabtu (30/4/2022) malam WIB. Dua tim ini sedang dalam performa terbaiknya beberapa pekan terakhir sehingga diprediksi pertandingan akan berlangsung ketat.

The Magpies, julukan Newcastle, mencatatkan empat kemenangan beruntun dengan kemenangan terakhir diperoleh saat melawan Norwich City akhir pekan lalu. Pun dengan the Reds yang meraih empat kemenangan beruntun di semua kompetisi dengan kemenangan terakhir saat menjamu Villarreal pada  leg pertama semifinal Liga Champions pertengahan pekan kemarin.

Baca Juga

Kerja keras Eddie Howe dan stafnya yang dikombinasikan aktivitas transfer pada Januari 2022 lalu mengubah Newcastle dari tim zona degradasi menjadi kandidat pesaing papan atas. The Magpies pun kini menduduki posisi kesembilan klasemen dengan mengoleksi 43 poin. Skuad the Toon masih punya kans naik peringkat dan lolos ke kompetisi Eropa dengan empat pertandingan tersisa musim ini.

Dari empat kemenangan beruntun, gawang Newcastle hanya kebobolan satu gol saat melawan Leicester City. Tetapi lawan yang akan dihadapi nanti adalah ujian sesungguhnya bagi pertahanan the Magpies. Pasalnya, Liverpool mencetak 11 gol dan hanya kebobolan tiga gol dalam empat pertandingan terakhir.

Liverpool pun memiliki penyerang-penyerang cepat dan agresif, seperti Sadio Mane, Mohamed Salah, Luis Diaz, dan Diogo Jota. The Reds semakin berbahaya apabila seluruh pemain Liverpool di berbagai lini ikut mensupport. Newcastle juga perlu sadar bahwa tak ada tim manapun yang menghentikan kemenangan tandang Liverpool selama tahun 2022.

Pertemuan terakhir kedua tim juga berpihak kepada Liverpool yang menang 3-1 di Anfield pada 16 Desember 2021 lalu. Di tengah catatan negatif Newcastle setiap bertemu the Reds, kali ini tuan rumah belum bisa memainkan Kieran Trippier, Callum Wilson, Jamal Lewis, dan Isaac Hayden yang cedera.

Sementara, Liverpool terbang ke Newcastle dengan kekuatan skuad yang lengkap. Namun skuad besutan Juergen Klopp itu sepertinya akan melakukan rotasi karena jadwal padat membuatnya harus memastikan seluruh pemainnya fit setiap pertandingan. Tak ada masalah serius yang dihadapi oleh Liverpool jelang melawan Newcastle.

Pelatih Newcastle Eddie Howe mungkin dapat berpikir ini adalah waktu yang tepat menghadapi Liverpool karena sang lawan memiliki jadwal yang padat dan menguras energi. Namun ia mengatakan ada kunci yang harus dipegang para pemainnya saat melawan the Reds yakni menjaga fokus.

"Mereka saat ini memiliki keinginan luar biasa untuk memenangkan pertandingan dan ada kepercayaan diri yang mengalir melalui tim,” kata Howe dilansir dari chroniclelive, Jumat (29/4/2022).

Liverpool jelas tak ingin tergelincir sedikitpun di sisa pertandingan musim ini agar peluangnya menjuarai Liga Primer Inggris tetap terjaga. Apalagi, the Reds kini hanya terpaut satu poin dari pemuncak klasemen, Manchester City, yang akan melawan Leeds United beberapa jam kemudian setelah pertandingan Liverpool melawan Newcastle.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp mengatakan, setelah kemenangan di derbi Merseyside kontra Everton, timnya membutuhkan konsentrasi di sisa laga musim ini. Ia tak ingin berpuas diri karena perjuangan meraih gelar liga masih ketat.

"Kami paham masih memiliki banyak pertandingan di depan. Jadi kami kembali fokus pada pertandingan berikutnya," kata Klopp dikutip dari laman resmi klub.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement