Ahad 01 May 2022 01:35 WIB

Live Liga Primer Inggris: Kalahkan Leeds, City Depak Liverpool dari Puncak Klasemen

Liverpool bertahan di puncak klasemen Liga Primer Inggris hanya sekitar lima jam.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain Manchester City Nathan Ake (kiri) merayakan golnya ke gawang Leeds United dalam lanjutan Liga Primer Inggris. City mengalahkan Leeds 4-0.
Foto: EPA-EFE/ANDREW YATES
Pemain Manchester City Nathan Ake (kiri) merayakan golnya ke gawang Leeds United dalam lanjutan Liga Primer Inggris. City mengalahkan Leeds 4-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool hanya sekitar lima jam menikmati posisi di puncak klasemen Liga Primer Inggris selepas mengalahkan Newcastle United 1-0, Sabtu (30/4/2022) malam WIB. Sebab, Manchester City kembali merebut takhtanya usai menaklukkan Leeds United 4-0 di Elland Road pada Ahad (1/5/2022) dini hari WIB. 

Empat gol itu masing-masing diciptakan oleh Rodri (13'), Nathan Ake (54'), Gabriel Jesus (77') dan Fernandinho (90+3). Tambahan tiga poin membawa City kembali ke posisi puncak dengan keunggulan satu poin atas Liverpool. 

Baca Juga

Jalannya laga

Tim tuan rumah mampu memberikan tekanan pada menit-menit awal pertandingan. Leeds melancarkan serangan balik ketika Raphinha berhasil memenangkan bola di area pertahanan tapi tendangan spekulasinya berhasil diblokir.

City justru yang berhasil mengambil keunggulan lebih dulu pada menit ke-13 melalui gol yang diciptakan oleh Rodri. Gol berasal dari tendangan bebas yang dilepaskan oleh Phil Foden yang disambut dengan tandukan ke sudut bawah gawang.

Leeds mencoba menciptakan gol balasan, tetapi upaya mereka kerap mengalami kebuntuan. Pada menit ke-34, umpan crossing dari Ayling berhasil disambut oleh Firpo, namun penyelesaian akhirnya masih terlalu tinggi dari sasaran.

Selanjutnya, pada menit ke-38, City kembali memberikan ancaman ke gawang saat Joao Cancelo melepaskan umpan terobosan kepada Gabriel Jesus dari kiri. Namun tendangan Jesus masih mengarah tepat kepada Ilan Meslier dan dapat diamankan dengan baik oleh sang kiper.

City hampir menambah keunggulan pada menit ke-43 saat Ayling tersandung, membiarkan Sterling masuk ke ruang tembak. Upaya pertama Sterling diblokir di area pertahanan dan bola rebound Jesus juga tertahan sebelum Struijk menyapu bola dari area pertahanan Leeds.

 

City memulai babak kedua dengan serangan bertubi-tubi ke lini pertahanan Leeds. Mereka akhirnya berhasil menambah keunggulan di menit ke-54 melalui gol yang diciptakan oleh Ake melalui situasi tendangan sudut.

Ake berhasil memasukan bola ke gawang Leeds dari jarak dekat setelah tandukan Ruben Dias ketika menerima umpan tendangan sudut mengarah ke kakinya. City unggul 2-0.

The Citizens bermain dengan umpan-umpan terobosan untuk menembus pertahanan Leeds. Ada Sterling di sisi kanan dan Grealish di sisi kiri yang siap menerima bola-bola terobosan sebelum melepaskan umpan tarik ke tengah kotak penalti. Namun beberapa peluang masih bisa dipatahkan dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Sementara Leeds mengandalkan serangan balik untuk mengancam gawang City. Pada menit ke-64 Rodrigo melepaskan umpan untuk Gelhardt, tetapi Ederson berlari ke tengah meninggalkan area kotak penalti untuk menyapu ancaman tersebut.

City memperlebar kedudukan di menit ke-78 melalui gol yang diciptakan Jesus ketika mendapatkan umpan dari Foden di tengah kotak penalti di antara dua pemain Leeds sebelum melepaskan tembakan ke sisi kanan gawang. Skor menjadi 3-0 untuk City.

Kedua tim saling jual beli serangan, tapi City berhasil mencetak gol keempat di menit-menit akhir pertandingan oleh Fernandinho. Ia berdiri bebas tanpa penjagaan di luar kotak penalti Leeds. Skor 4-0 menutup laga tersebut. 

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement