Ahad 01 May 2022 04:04 WIB

Live La Liga: Bilbao Bekuk Atletico Madrid

Atletico kalah 0-2 dari Bilbao setelah sejumlah percobaan mengenai tiang gawang.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang Athletic Bilbao Inaki Williams (kiri) berselebrasi seusai mencetak gol ke gawang Atletico Madrid.
Foto: EPA-EFE/Luis Tejido
Penyerang Athletic Bilbao Inaki Williams (kiri) berselebrasi seusai mencetak gol ke gawang Atletico Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Athletic Bilbao mengamankan poin penuh saat menghadapi Atletico Madrid pada lanjutan La Liga di Stadion San Mames, Ahad (1/5/2022) dini hari WIB. Inaki Williams menginisiasi gol bunuh diri Hermeso dan kemudian mencatatkan namanya sendiri di papan skor dalam kemenangan 2-0 atas Atletico. 

Kemenangan ini kemungkinan tak banyak berarti bagi Bilbao di papan klasemen. Bilbao menempati menempati peringkat delapan dengan nilai 51. Sebaliknya, kekalahan ini membuat Atletico terancam gagal finis di  luar empat besar. Dengan nilai 61, Atletico hanya unggul empat poin dari Real Betis yang punya satu laga lebih banyak di tangan.

Baca Juga

Jalannya laga 

Sebagai tuan rumah, Bilbao mengambil inisiatif serangan dan mendapat peluang pertama dari situasi tendangan bebas. Namun peluang ini tidak memberikan ancaman berarti ke gawang Atletico Madrid.

Tak lama kemudian, Bilbao unggul pada menit kedelapan. Gol pembuka itu tercatat sebagai gol bunuh diri Hermeso meskipun itu terjadi berkat upaya dari Inaki Williams. ia berhasil lolos dari gangguan Gimenez untuk melepaskan tembakan yang membentur kaki Hermeso.

Bilbao terus mengancam area pertahanan Atletico. Inaki hampir mencetak gol kedua bagi tuan rumah di menit ke-13 saat ia mencoba melepaskan umpan ke tengah kotak penalti Atletico. Sayang tak ada yang menyambutnya, begitu juga Kabak, dan bola justru memantul setelah membentur tiang jauh.

Tuan rumah lebih mendominasi jalannya pertandingan pada 30 menit pertama dengan lebih banyak penguasaan bola. Mereka tidak membiarkan Atletico keluar dari area pertahanan sendiri dan terus mengancam gawang Kabak dengan serangan bertubi-tubi.

Atletico mendapat peluang terbaik pada menit ke-37 saat Llorente melepaskan umpan tarik ke tengah yang disambut oleh Kondogbia dengan tembakan langsung ke gawang. Sayang, bola masih meleset tipis di sisi kiri gawang Bilbao.

Pada menit ke-45 Atletico kembali menciptakan peluang saat Antoine Griezmann menandukkan bola ke tanah dari umpan Llorente. Namun bola diantisipasi dengan mudah oleh kiper Unai Simon. Skor bertahan 1-0 untuk Bilbao hingga turun minum.

Babak kedua dimulai dengan serangan yang diberikan oleh Atletico. Griezmann hampir menyamakan kedudukan melalui situasi bola mati saat ia mengarahkan tembakan ke gawang melewati pagar betis. Namun ia masih kurang beruntung dengan bola hanya membentur mistar gawang.

Atletico justru semakin tertinggal di menit ke-56 ketika Bilbao menggandakan keunggulan dari titik putih yang dieksekusi oleh Inaki Williams. Sebelum penalti, Inaki sebetulnya berhasil menyarangkan bola ke gawang Atletico sedetik setelah wasit memutuskan pelanggaran oleh Herrera kepada Muniain di area terlarang.

Tuan rumah terus menggempur pertahanan Atletico. Bilbao hampir menambah keunggulan mereka di menit ke-68 saat Muniain mengincar gol dari luar kotak penalti dan Oblak menghentikannya. Inaki Williams memanfaatkan rebound dengan melepaskan tembakan ke tiang jauh, tetapi kiper Atletico kembali menepisnya sehingga bola membentur mistar.

Peluang untuk Atletico tercipta pada menit ke-85. Correa menerima umpan silang De Paul dari kiri dan memiliki ruang untuk melepaskannya, tapi upaya itu masih melebar di atas mistar gawang. Ia ternyata sudah berada dalam posisi offside saat menerima umpan tersebut di kotak penalti.

Keberuntungan sepertinya tidak berpihak kepada Atletico. Lagi-lagi upaya mereka untuk mencetak gol digagalkan oleh tiang gawang. Kali ini, Correa hampir mencetak angka melalui tendangan mendatar dari luat kotak penalti, tapi bola masih membentur tiang setelah memantul dari kaki bek Bilbao. Laga pun berakhir dengan skor 2-0 untuk tuan rumah.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement