Ahad 01 May 2022 09:00 WIB

Iktikaf UMM Tekankan Penguatan Spiritual Sivitas Akademika

Kegiatan iktikaf menjadi bagian Syiar Ramadhan UMM.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan rangkaian agenda iktikaf yang dilaksanakan di Masjid AR Fachruddin UMM.
Foto: Dok. Humas UMM
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan rangkaian agenda iktikaf yang dilaksanakan di Masjid AR Fachruddin UMM.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sepuluh hari terakhir Ramadhan, umat Muslim dianjurkan memperbanyak ibadah dan kebaikan. Salah satunya melalui aktivitas iktikaf.

Melihat akan hal itu, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan rangkaian agenda iktikaf yang dilaksanakan di Masjid AR Fachruddin UMM. Adapun acara yang dilaksanakan di sepuluh hari terakhir ini dibagi menjadi empat kelompok.

Antara lain, iktikaf dosen laki-laki, dosen perempuan, karyawan laki-laki, dan karyawan perempuan. Ketua Panitia Itikaf UMM, Muhammad Edi Sucipto menjelaskan, acara ini sudah menjadi tradisi UMM selama Ramadhan setiap tahun. Namun pelaksanaannya sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun lalu.

Jika Ramadhan sebelumnya para peserta diharuskan menginap, kali ini mereka hanya mengikutinya sampai jam sebelas malam.  Agenda yang disiapkan juga berfokus pada diskusi terpumpun serta penguatan spiritual.