REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Digital marketing merupakan tren baru yang wajib dikuasai generasi masa kini sebab di dalamnya memuat berbagai strategi pemasaran dan promosi baru untuk terus meningkatkan performa penjualan. Penguasaan digital marketing dapat membantu sebuah bisnis bertahan di era yang serba cepat seperti saat ini.
Menurut para ahli, digital marketing merupakan strategi pemasaran atau promosi dari suatu brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuannya untuk menjangkau target pelanggan dengan lebih efisien dan efektif serta lebih luas.
Seiring dengan perkembangan teknologi, digital marketing menghadapi tantangan yang cukup sulit apabila pelaku bisnis tidak paham dengan strategi pemasaran. Untuk itu, generasi muda wajib tahu dan perlu untuk mempelajari digital marketing. Berikut 10 alasan wajib belajar digital marketing:
1. Arah pasti bagi perusahaan
Belajar digital marketing akan memberi arah yang pasti bagi perusahaan atau pelaku bisnis. Sebab, tanpa digital marketing pelaku bisnis tak mampu memanfaatkan transformasi teknologi yang akan memberi arah pasti dan jelas. Perusahaan yang menerapkan digital marketing akan memiliki tujuan strategis yang pasti baik dari sisi pemasaran maupun dalam mencari pelanggan baru.
2. Persaingan yang ketat
Perkembangan teknologi yang kian pesat akan membuka persaingan yang cukup ketat antar kompetitor. Mereka yang tidak menguasai digital marketing tidak akan punya sumber daya yang kuat dan kompeten di bidang ini. Padahal digital marketing punya peran yang cukup penting dalam kehidupan pebisnis.
3. Kenali target pelanggan
Dengan menerapkan digital marketing, maka pebisnis tentu paham dan tahu berapa banyak permintaan pelanggan. Oleh karena itu, dengan belajar digital marketing pelaku bisnis akan lebih mengenal target pelanggan. Mulai dari apa saja yang pelanggan sukai sampai dengan apa yang tidak diminati.
4. Mudah cari informasi
Penting bagi seorang pelaku bisnis untuk mengenal target pelanggan secara detail. Penggunaan digital marketing dapat membantu pelaku bisnis mengenal dan mengetahui informasi tentang pelanggan. Mengapa pebisnis perlu tahu informasi tentang pelanggan? Jawabannya adalah untuk mengatur strategi pasar dan produk apa yang akan dijual.
5. Lebih bernilai
Penerapan digital marketing dalam sistem pemasaran suatu perusahaan mampu menarik pelanggan baru dan membuat pelanggan lama semakin setia. Sebab, strategi digital marketing memiliki nilai online yang lebih kuat.