Ahad 01 May 2022 21:38 WIB

Kemenparekraf Pastikan Ragunan Siap Hadapi Lonjakan Wisatawan Saat Libur Lebaran

Kemenparekraf sebut Ragunan destinasi favorit masyarakat yang tidak mudik Lebaran

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wapres Cek Kesiapan Kebun Binatang Ragunan untuk Libur Lebaran. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memastikan Taman Margasatwa Ragunan (TMR) siap menyambut lonjakan wisatawan saat libur lebaran 2022.
Foto: Dok Republika
Wapres Cek Kesiapan Kebun Binatang Ragunan untuk Libur Lebaran. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memastikan Taman Margasatwa Ragunan (TMR) siap menyambut lonjakan wisatawan saat libur lebaran 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memastikan Taman Margasatwa Ragunan (TMR) siap menyambut lonjakan wisatawan saat libur lebaran 2022.

Sandiaga menjelaskan Ragunan menjadi destinasi favorit masyarakat yang tidak ikut mudik lebaran. Lantaran lokasinya strategis di tengah ibu kota. Untuk itu perlu kesiapan yang matang untuk menyambut wisatawan yang ingin menghabiskan waktu dengan berekreasi bersama keluarga.

“Karena ini juga destinasi andalan di DKI Jakarta, target dari Kadis di hari pertama lebaran (3/5/2022) 45 ribu pengunjung yaitu 75 persen dari kapasitas sebanyak 60 ribu. Kita harapkan semua menerapkan protokol kesehatan," kata Sandiaga dalam keterangan resmi diterima Republika.co.id, Ahad (1/5/2022).

Masyarakat yang ingin membeli tiket masuk kebun binatang yang memiliki 2.294 satwa dari 220 jenis satwa tersebut disarankan mendaftar secara online satu hari sebelum kedatangan. Pendaftaran akan dibuka sejak pukul 07.30 WIB hingga jumlah pengunjung sebanyak 45 ribu orang terpenuhi.

“Lebaran ini momentum kita membangkitkan ekonomi, menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja, dan lebaran menjadi momentum masuk ke dalam tatanan ekonomi baru kita. Kalau DKI Jakarta siap sekali karena mereka sudah menerapkan digitalisasi. Ini yang menjadi tantangan kita di destinasi wisata di luar Jakarta,” ujarnya.

Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh calon pengunjung Taman Margasatwa Ragunan yakni bukti vaksinasi dosis kedua yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Syarat-syarat ketentuan sudah vaksinasi dosis kedua untuk dewasa. Dan anak anak usia 6 hingga 12 tahun sudah harus vaksinasi dosis satu.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UP Taman Margasatwa Ragunan, Endah Rumiyatu menjelaskan, jumlah kunjungan sampai saat ini ke TMR ada 2.200 pengunjung. Untuk menarik pengunjung pada musim libur lebaran ini, pihak pengelola akan menghadirkan berbagai atraksi-atraksi menarik.

“Kita akan mengadakan acara feeding time ketupat, jadi makanan-makanan satwa dimasukkan ke dalam tempat berbentuk ketupat, yang nantinya diberikan kepada satwa-satwa seperti gorila, gajah, dan harimau,” ujarnya. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَدَخَلَ الْمَدِيْنَةَ عَلٰى حِيْنِ غَفْلَةٍ مِّنْ اَهْلِهَا فَوَجَدَ فِيْهَا رَجُلَيْنِ يَقْتَتِلٰنِۖ هٰذَا مِنْ شِيْعَتِهٖ وَهٰذَا مِنْ عَدُوِّهٖۚ فَاسْتَغَاثَهُ الَّذِيْ مِنْ شِيْعَتِهٖ عَلَى الَّذِيْ مِنْ عَدُوِّهٖ ۙفَوَكَزَهٗ مُوْسٰى فَقَضٰى عَلَيْهِۖ قَالَ هٰذَا مِنْ عَمَلِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ عَدُوٌّ مُّضِلٌّ مُّبِيْنٌ
Dan dia (Musa) masuk ke kota (Memphis) ketika penduduknya sedang lengah, maka dia mendapati di dalam kota itu dua orang laki-laki sedang berkelahi; yang seorang dari golongannya (Bani Israil) dan yang seorang (lagi) dari pihak musuhnya (kaum Fir‘aun). Orang yang dari golongannya meminta pertolongan kepadanya, untuk (mengalahkan) orang yang dari pihak musuhnya, lalu Musa meninjunya, dan matilah musuhnya itu. Dia (Musa) berkata, “Ini adalah perbuatan setan. Sungguh, dia (setan itu) adalah musuh yang jelas menyesatkan.”

(QS. Al-Qasas ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement