Senin 02 May 2022 08:56 WIB

Pemuda Gereja Bagikan Koran Gratis ke Jamaah untuk Alas Shalat Idul Fitri 1443 H

Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah digelar di Lapangan Gelora Kieraha Ternate.

Red: Nidia Zuraya
Shalat Idul Fitri (ilustrasi)
Foto: Antara
Shalat Idul Fitri (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Kota Ternate, Maluku Utara bersama pelajar SMP Katolik setempat membagikan koran gratis kepada jamaah sebagai alas Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Lapangan Gelora Kieraha Ternate, Senin (2/5/2022)."Ini merupakan kegiatan kedua dan menjadi agenda rutin setiap perayaan Idul Fitri, selain itu kehadiran AMGPM untukmembangun tali silaturahim dan memupuk rasa persaudaraan antarumat beragama di Kota Ternate," kata Ketua AMGPM Kigen Lokulalan di Ternate, Senin (2/5/2022).

Ia menjelaskan AMGPM Kota Ternate bersama siswa SMP Katolik setempat yang seluruhnya sekitar 20 orang ditugaskan membagikan koran bekasdi empat pintu masuk tempat Shalat Id dan menjaga kondisi di sekitar Lapangan Gelora Kieraha selama umat Islam setempat melaksanakan shalat tersebut.Dia menyebut koran bekas dikumpulkan selama dua minggu terakhir ini. 

Baca Juga

Mereka memperoleh koran bekas itu dari teman-temannya untuk digunakan sebagai alas jamaah saat Shalat Idul Fitri di Gelora Kieraha Ternate.Dia juga menyambut positif kesempatan yang diberikan Panitia Hari Besar Islam (PHBI)setempat kepada AMGPM Ternate untuk bersama-sama membagikan koran kepada jamaah Shalat Idul Fitri di Gelora Kieraha.

"Apa yang dilakukan ini bisa memupuk rasa persaudaraan dan toleransi antarumat beragama dalam kehidupan sehari-hari," kata dia.

Hal yang dilakukan AMGPMitu seperti dilakukan pada tahun sebelumnya. Mereka bersama-sama petugas keamanan menjaga keamanan dan membantu membagikan masker kepada jamaah Shalat Id di tempat itu.Sekretaris PHBIKota TernateMuhammad Iksan memberi apresiasikepada seluruh pengurus AMGPM dan siswa SMP Katolik Ternate yang bersama-sama umat muslim membangun semangat persaudaraan antarumat beragama.

"Kami bangga ada saudara-saudara umat kristiani yang berinisiatif hadir saat pelaksanaan Shalat Id di Gelora Kieraha dengan cara memberikan koran gratis dan membersihkan Lapangan Gelora Kieraha seusai Shalat Id, ini bentuk rasa toleransi antarumat beragama," ujar Kabag Kesra Setda Pemkot Ternate tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement