Senin 02 May 2022 10:00 WIB

4 Makanan untuk Turunkan Risiko Kanker

Sejumlah makanan dapat menjadi pilihan yang enak untuk menurunkan risiko kanker..

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ubi ungu. Konsumsi ubi ungu dianjurkan untuk menekan risiko kanker.
Foto: Antara/Musiron
Ubi ungu. Konsumsi ubi ungu dianjurkan untuk menekan risiko kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terjadinya kanker bisa dipengaruhi oleh beragam faktor. Memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi dinilai dapat menjadi salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kanker.

"Pilihan makanan kita berperan penting dalam pencegahan, pengobatan, atau bahkan memperbaiki kanker," jelas Dr William Li, seperti dilansir Express, Senin (2/5/2022).

Baca Juga

Terkait makanan, Dr Li mengatakan ada empat makanan yang dapat membantu menekan risiko terjadinya kanker. Berikut ini adalah keempat makanan tersebut.

Kacang-kacangan

Menurut Dr Li, kacang-kacangan khususnya kenari, almond, hazelnut, mede, pistachio, dan kacang Brasil, dapat membantu menjauhkan kanker. Seperti diketahui, kacang-kacangan mengandung polifenol yang dapat meningkatkan sistem imun untuk melawan kanker.

"Kacang-kacangan juga mengandung asam lemak omega-3, yang bisa membuat sel kanker 'kelaparan' dengan cara memangkas asupan darah ke sel tersebut," jelas Dr Li.

Tomat merah

Dr Li menjuluki tomat sebagai makanan pelawan kanker yang lezat. Kekuatan tomat dalam melawan kanker mungkin berasal dari kandungan likopennya yang tinggi. Jenis tomat dengan kandungan likopen tertinggi adalah tomat san marzano.

"Likopen juga melindungi DNA Anda dari kerusakan, yang membantu melindungi Anda dari kanker," jelas dr Li.

Studi juga telah membuktikan manfaat tomat dalam menekan risiko kanker. Menurut sebuah studi, laki-laki yang mengonsumsi dua hingga tiga cangkir tomat masak dua kali per pekan memiliki risiko kanker prostat 30 persen lebih rendah.

Ubi ungu

Konsumsi ubi ungu juga dianjurkan dr Li untuk menekan risiko kanker. Ubi ungu dinilai efektif karena mengandung zat kimia alami bernama antosianin. Antosianin bisa membuat sel kanker kelaparan sekaligus membunuhnya. Antosianin pun diketahui dapat melenyapkan sel punca kanker yang ditakuti.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement