Senin 02 May 2022 11:00 WIB

Dua Subvarian Omicron Mampu Hindari Imunitas dari Infeksi Sebelumnya

Dua subvarian yang dapat hindari imunitas dari infeksi terdahulu ialah BA.4 dan BA.5.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Covid-19 (ilustrasi). Peneliti di Afrika Selatan mengungkap, dua subvarian omicron, yakni BA.4 dan BA.5, dapat menghindari antibodi yang terbentuk dari riwayat infeksi SARS-CoV-2 sebelumnya.
Foto:

Kelompok yang tidak divaksinasi menunjukkan adanya penurunan produksi antibodi hingga delapan kali lipat ketika terpapar BA.4 dan BA.5 dibandingkan ketika terpapar oleh varian orisinal omicron. Di sisi lain, kelompok yang sudah divaksinasi hanya menunjukkan penurunan sekitar tiga kali lipat.

photo
Infografis rekombinan omicron. - (Republika)

Para ahli memprediksi bahwa Afrika Selatan akan memasuki gelombang kelima pandemi Covid-19. Gelombang kelima ini kemungkinan akan didorong oleh subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Cakupan vaksinasi yang rendah juga dinilai turut berperan dalam terjadinya gelombang kelima pandemi Covid-19 di negara tersebut. Dari sekitar 60 juta populasi di Afrika Selatan, hanya 30 persen warga yang sudah divaksinasi lengkap.

"Berdasarkan kemampuan untuk lolos dari netralisasi, BA.4 dan BA.5 memiliki potensi untuk menimbulkan gelombang infeksi baru," jelas tim peneliti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement