Senin 02 May 2022 12:52 WIB

Italia dan Yunani Mulai Buka Pintu untuk Turis

Italia dan Yunani melonggarkan sejumlah peraturan pembatasan sosial Covid-19.

Rep: Lintar Satria/ Red: Yudha Manggala P Putra
Wisata di Yunani (Illustrasi)
Foto: TRAVELPHOTO.NET
Wisata di Yunani (Illustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Eropa mulai buka pintu untuk turis lebar-lebar pada musim panas ini. Italia dan Yunani melonggarkan sejumlah peraturan pembatasan sosial Covid-19, pada Ahad (1/5/2022) sebelum puncak musim wisata Eropa pada musim panas.

Mulai ada tanda-tanda kehidupan mulai normal seperti sebelum pandemi. Otoritas penerbangan sipil mengumumkan mencabut semua peraturan pembatasan sosial Covid-19 untuk penerbangan dalam dan luar negeri kecuali peraturan masker di dalam pesawat dan bandara.

Sebelumnya penumpang wajib menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 atau baru pulih dari penyakit itu. Mulai Ahad kemarin pengunjung Italia tidak lagi harus mengisi formulir penumpang Uni Eropa daring untuk check-in.

Italia juga menghapus syarat tanda kesehatan yang sebelumnya diperlukan untuk masuk restoran, bioskop, gym dan venue-venue lainnya. Kartu hijau yang  menunjukkan bukti sudah divaksin, baru sembuh atau negatif Covid-19 masih diperlukan untuk masuk rumah sakit atau panti perawatan.

Beberapa mandat masker di Italia juga sudah dicabut termasuk di dalam pasar swalayan, tempat kerja dan toko-toko. Masker masih diwajibkan di transportasi publik, bioskop dan semua fasilitas kesehatan termasuk panti wreda.

"Sudah berakhir," kata seorang warga Roma yang sedang minum kopi di sebuah bar di dekat Air Mancur Trevi, Claudio Civitelli.

Sampai Ahad pagi kemarin pengunjung masih harus mengenakan masker untuk masuk bar dan restoran. Walaupun mereka dapat mencopotnya saat makan dan minum. "Kami harus menunggu selama dua tahun lebih," katanya.

Di dekatnya, turis Italia dari  Trentino Alto-Adige, Andrea Bichler sedang bercengkrama dengan teman-temannya tnapa masker. "Ini jauh lebih baik, katakanlah hidup lagi, hidup yang bebas," katanya.

Di Yunani di mana pariwisata menyumbang 20 persen produk domestik bruto sudah mulai mencabut sejumlah peraturan Covid-19. Di destinasi wisata Pulau Mykonos, para turis mulai membanjiri pantai-pantai, bar, dan restoran selama musim liburan Paskah.

Beberapa pengusaha mengatakan bisnis mereka mendapatkan untung terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Mereka berharap hal ini berlanjut sampai akhir pekan panjang di tanggal merah Hari Buruh.

Yunani juga menghapus kebijakan sertifikat vaksin meski belum permanen. Mulai dari 1 Mei hingga 31 Agustus akan diputuskan apakah kebijakan itu tetap dipertahankan atau tidak. Yunani juga menghapus batasan jumlah pengunjung ruang publik tertutup. Tapi masker masih diwajibkan di kendaraan atau ruangan tertutup. Pakar juga menyarankan masyarakat memakainya di ruangan terbuka seperti konser.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement