Selasa 03 May 2022 11:58 WIB

Inilah Penghalang Manusia Ingat Kepada Allah

Inilah Penghalang Manusia Ingat...

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Inilah Penghalang Manusia Ingat Kepada Allah - Suara Muhammadiyah
Inilah Penghalang Manusia Ingat Kepada Allah - Suara Muhammadiyah

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Empat penghalang manusia ingat kepada Allah Swt. Hal ini disampaikan pada sholat Idul Fitri 1443 H/2022 M di halaman masjid At-Taqwa Muhammadiyah Ranting Bronjong Bluluk, Senin (2/5/2022).

Selaku Imam dan Khotib Sholat Idul Fitri kali ini adalah Ustadz Rohmat Adi Sucahyo dari Lamongan ia adalah putra asli dari desa Bronjong kecamatan Bluluk yang saat ini mengabdi di SD Muhammadiyah Klaten.

Menurut Rohmat Adi Sucahyo dalam khutbah Idul fitri ada empat penghalang manusia ingat kepada Allah Swt yaitu :

Pertama, Dunia.

Dunia adalah tempat untuk mengumpulkan amal ibadah yang kelak nanti akan menjadi bekal untuk menghadap Allah Swt. Tapi jika selama di dunia manusia lalai dengan dunia maka itu akan menjadi penghalang untuk mengingat Allah Swt

Kedua, Manusia

Manusia disini jika dalam berteman, bertetangga dalam kegiatan ibadah diajak tidak mau maka itu akan menjadi penghalang manusia dalam mengingat Allah Swt. Misal kita mengajak untuk sholat tetapi teman kita mengajak ke warung.

Keriga, Syetan

Sejak zaman Nabi Adam AS. Syetan selalu mencoba memperdaya manusia bahkan disaat di akhirat syetan sudah memperdaya istri Nabi Adam yakni Hawa untuk memetik buah khuldi. Maka manusia yang lalai dengan tipu daya syetan di dunia bisa dipastikan akan terhalang untuk mengingat Allah SWT.

Keempat, Hawa Nafsu

Manusia tidak sama dengan malaikat, jika manusia bisa menahan hawa nafsunya maka derajatnya akan lebih tinggi dari malaikat. Tapi jika manusia tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya makan akan lebih rendah dari hewan.

Pimpinan Ranting Muhammadiyah Bronjong Cabang Bluluk ini adalah salah satu PRM di Cabang Bluluk yang jamaahnya bisa dikatakan lebih banyak dibanding dengan PRM lainnya di Cabang Bluluk. (Ainur Rofik/FRS)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement