Selasa 03 May 2022 14:51 WIB

Perdana Sejak Pandemi, Masjidil Haram Gelar Shalat Idul Fitri dengan Kapasitas Penuh

Arab Saudi izinkan kapasitas penuh di masjid seluruh Kerajaan termasuk Masjidil Haram

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Christiyaningsih
Arab Saudi izinkan kapasitas penuh di masjid seluruh Kerajaan termasuk Masjidil Haram. Ilustrasi.
Foto: Anadolu Agency
Arab Saudi izinkan kapasitas penuh di masjid seluruh Kerajaan termasuk Masjidil Haram. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Sholat Idul Fitri 2022 di Masjidil Haram yang dilakukan pada Senin (2/5/2022) pagi, diadakan dengan kapasitas penuh. Arab Saudi juga mengizinkan semua masjid di seluruh Kerajaan digelar dengan kapasitas penuh dan ini menjadi yang pertama sejak pandemi.

Masjid di Saudi mulai beroperasi dengan kapasitas penuh lagi pada pertengahan Oktober tahun lalu ketika Kerajaan melonggarkan tindakan Covid-19, ketika kasus mulai turun. Terutama ketika sebagian besar penduduk Saudi telah divaksinasi dengan setidaknya dua suntikan.

Baca Juga

Dilansir Al Arabiya pada Senin (2/5/2022), sholat Idul Fitri dilakukan setelah pengumuman hari raya Idul Fitri yang ditentukan dengan terlihatnya hilal Syawal. Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Fitri setelah sebulan berpuasa, berdoa, dan merenung selama Ramadhan yang jatuh pada bulan kesembilan dalam kalender Hijriah Islam. Kalender ini terdiri dari 12 bulan dengan 345 hingga 355 hari dalam setahun.

Setelah sholat Idul Fitri, keluarga dan teman berkumpul untuk merayakan dan memberikan hadiah berupa uang, mainan, dan baju baru, yang sering diberikan kepada anak-anak.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman melakukan sholat Idul Fitri di Masjidil Haram di Mekah. Ritual ini diikuti dengan agenda lanjutan yang diselenggarakan oleh Penjaga Dua Masjid Suci di mana ia menyambut para syekh dan pejabat yang menawarkan salam Idul Fitri mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement