Selasa 03 May 2022 20:33 WIB

Pemakaian Baterai Ponsel Boros Selama Lebaran? Ini 4 Langkah untuk Mengatasinya

Di tengah kesibukan dan aktivitas digital melalui ponsel, pengguna tetap bisa menjaga masa pakai baterai ponsel.

Rep: Tim Cari Cuan/ Red: Partner
.
Foto: network /Tim Cari Cuan
.

Tips menghemat baterai ponsel selama Lebaran/ilustrasi (foto: pixabay).
Tips menghemat baterai ponsel selama Lebaran/ilustrasi (foto: pixabay).

Sebagian besar telepon seluler (ponsel) pintar yang beredar di pasar menjanjikan kapasitas baterai yang besar. Namun sering kali pengguna tetap harus mengisi ulang baterai kurang dari 24 jam dan kemudian baterai pun tak awet.

Apalagi dalam situasi tertentu, banyak orang ingin baterai ponsel yang awet, misalnya selama perjalanan mudik dan libur Lebaran. Perjalanan panjang yang ditempuh saat mudik dapat membuat seseorang mudah bosan. Oleh karena itu, banyak yang menghabiskan waktu untuk bermain ponsel.

Namun, kebiasaan ini perlu dikontrol. Sebab, jika tidak melihat waktu, baterai ponsel akan cepat habis dan tidak bisa digunakan pada saat dibutuhkan. Menjaga ketahanan baterai ponsel menjadi sebuah tantangan.

Namun, pengguna tak perlu khawatir. Di tengah kesibukan dan aktivitas digital melalui ponsel, pengguna tetap bisa menjaga masa pakai baterai ponsel. Berikut empat cara menjaga baterai supaya tetap awet selama Lebaran seperti dilansir dari Popular Science, Minggu, 1 Mei 2022.

1. Putuskan sambungan telepon

Memutuskan sambungan telepon bisa menghemat daya baterai ponsel. Pengguna bisa mengaktifkan mode pesawat dan tingkat baterai ponsel tetap stabil. Namun, tentu pengguna tidak dapat menggunakan apa pun yang terhubung ke internet atau melakukan panggilan.

Pengguna bisa menggunakan mode pesawat saat berada di area terpencil atau susah sinyal. Meskipun mematikan Bluetooth dan WiFi juga dapat meningkatkan masa pakai baterai, sebenarnya itu tidak membuat banyak perbedaan jika menggunakan mode pesawat penuh.

2. Kurangi aplikasi yang menguras baterai

Apple dan Google telah menyertakan alat pemantauan dalam sistem operasi ponselnya. Alat tersebut memungkinkan pengguna untuk memeriksa aplikasi mana yang menggunakan banyak daya.

Untuk mengeceknya, pengguna bisa ketuk “settings” di iOS dan pilih “battery.” Sementara pengguna Android bisa memilih “battery” lalu “battery usage.”

3. Aktifkan fitur baterai bawaan ponsel

Pengguna bisa mengaktifkan berbagai fitur yang disediakan ponsel untuk menghemat daya baterai. Fitur-fitur tersebut dapat digunakan saat tingkat baterai ponsel turun ke tingkat tertentu atau diaktifkan secara manual.

Di perangkat Apple, ini disebut low power mode dan bisa ditemukan di bawah “battery” di bagian “settings.” Sementara untuk versi Android terbaru, fitur ini disebut battery saver. Untuk mengaktifkannya, bisa buka “battery” di “settings.”

4. Sesuaikan pengaturan ponsel

Layar besar dan terang merupakan salah satu faktor penguras baterai. Jadi, menurunkan kecerahannya atau beralih ke mode gelap dapat membantu masa pakai baterai. Pengguna dapat menemukan opsi ini di bawah “sisplay” di “settings” Android dan opsi “display & brightness” di “settings” iOS.

Pengguna mungkin tidak menyadarinya, tetapi pemutaran audio juga dapat memengaruhi masa pakai baterai. Kecilkan volume aplikasi yang butuh suara seperti film Netflix atau daftar putar Spotify.

Baca juga artikel terkait ini:

- 4 Cara Agar Baterai Ponsel Tahan Lebih Lama

- 6 Langkah Mudah Menghemat Baterai pada Ponsel

Advertisement