Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

4 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Cegah Penumpukan di Bakauheni, Pemudik Balik ke Jawa Siapkan Tiket Kapal

Selasa 03 May 2022 14:00 WIB

Red: Muhammad Fakhruddin

Sejumlah kendaraan pemudik antre melintasi Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (1/5/2022). Pada H-1 Idul Fitri 1443 H, Jalan Tol TranS Sumatera (JTTS) Bakauheni-Palembang dipadati kendaraan pemudik.

Sejumlah kendaraan pemudik antre melintasi Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (1/5/2022). Pada H-1 Idul Fitri 1443 H, Jalan Tol TranS Sumatera (JTTS) Bakauheni-Palembang dipadati kendaraan pemudik.

Foto: Antara/Nova Wahyudi
pemudik balik dari Sumatra dapat memesan tiket kapal ferry di jalan lintas Sumatera.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG – Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno mengimbau, pemudik balik dari Sumatra yang ingin menyeberang ke Pulau Jawa, hendaknya menyiapkan tiket kapal di luar Pelabuhan Bakauheni pada arus mudik.

"Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kepadatan atau penumpukan kendaraan yang hendak kembali ke Pulau Jawa pada arus balik," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno kepada pers seusai rapat terbatas di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Selasa (3/5/2022).

Baca Juga

Kapolda berharap masyarakat pemudik yang tiba di Sumatra ingin menggunakan jasa pelayaran penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni dapat membeli langsung tiket di outlet di beberapa lokasi rest area jalan tol.

Pemudik balik yang akan membeli tiket kapal ferry di outlet yang ada di rest area akan dibantu petugas otoritas pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Lampung Selatan. Adapun lokasi penjualan tiket tersebut di antaranya  Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

Selain itu, pemudik balik dari Sumatra dapat memesan tiket kapal ferry di jalan lintas Sumatera terdapat di RM Siang Malam, Penengahan Lampung Selatan, dan RM Tiga Saudara, Ketapang Lampung Selatan, serta Rumah Makan Raja Alam, Lampung Selatan.

“Di JTTS ada petugas pembantu yang langsung memberikan arahan kepada pengendara yang membeli tiket untuk menyebrang di Pelabuhan Bakauheni, masyarakat jangan dibuat khawatir,” kata Kapolda.

Rest area yang menyiapkan pemesanan tiket berada JTTS ruas Bakauheni – Terbanggi Besar area KM 49, KM 87 B, serta KM 20B,” katanya.

Kapolda mengatakan, masyarakat agar pulang lebih awal saat ini agar tidak ada kepadatan atau penumpukan di pelabuhan, serta  masyarakat diminta untuk memeriksakan kesiapan kendaraan serta fisik masing-masing penumpang. 

Dia mengatakan, jika pemudik balik lelah atau kecapekan disarankan untuk istirahat di rest area terdekat. Sedangkan bila menemui masalah di jalan dapat menghubungi call center 110 ataupun mendatangi petugas di pos-pos yang telah di bangun.

Sedangkan pemudik balik menggunakan motor, pihaknya tetap melakukan pengawalan bagi pengendara yang melakukan perjalanan malam, satuan patroli dari direktorat lalulintas maupun samapta siap mengawal para pengendara. Dari perbatasan wilayah Kabupaten Mesuji Lampung hingga menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Menurut Kapolda, petugas tetap memberikan atensi besar kepada pengendara roda dua yang hendak kembali ke Pulau Jawa dengan menggunakan motor pada malam hari. “Kita kawal sampai sini (Bakauheni), serta menyiapkan dermaga khusus untuk keseluruhan premotor itu jika volumenya banyak di Dermaga 5,” ujarnya.

Dalam skema rapat pengaturan arus balik di Provinsi Lampung tahun 2022 ini juga, stakeholder terkait bersepakat untuk melayani secara penuh dengan penuh kemanusiaan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan, agar terasa nyaman, aman dan tentu saja sehat sampai tujuan. 

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile