Ini Titik Rawan Padat Saat Arus Balik

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Hafil

 Rabu 04 May 2022 00:08 WIB

Ini Titik Rawan Padat Saat Arus Balik. Foto: Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat mulai adanya arus balik Lebaran di jalan raya Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (3/5/2022). Antrean kendaraan mengular dua hingga tiga kilometer di jalur arteri dari arah Surabaya menuju Nganjuk akibat adanya pengalihan arus lalu lintas di perbatasan Jombang-Nganjuk-Kediri. Foto: ANTARA/Syaiful Arif Ini Titik Rawan Padat Saat Arus Balik. Foto: Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat mulai adanya arus balik Lebaran di jalan raya Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (3/5/2022). Antrean kendaraan mengular dua hingga tiga kilometer di jalur arteri dari arah Surabaya menuju Nganjuk akibat adanya pengalihan arus lalu lintas di perbatasan Jombang-Nganjuk-Kediri.

Puncak arus balik pada 6-8 Mei.

 

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan terdapat sejumlah titik yang akan rawan kepadatan saat arus balik. Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik Lebaran Idul Fitri 2022 akan terjadi pada 6-8 Mei. 

“Dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak,” kata Budi dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (3/5/2022). 

Baca Juga

Budi menambahkan, agar arus balik lebih lancar maka masyarakat diimbau jangan memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh. Budi meminta masyarakat tidak berhenti di bahu jalan karena dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya juga dapat menyebabkan kemacetan.

“Jika lelah, masyarakat bisa keluar tol di kota terdekat, dan bisa istirahat di tempat-tempat yang telah disiapkan. Di sini lebih aman dan leluasa,” tutur Budi. 

Menhub menjelaskan, sejumlah rest area di jalan arteri telah disiapkan dengan baik. Dia menuturkan pemerintah daerah, kepolisian, maupun unsur terkait lainnya sudah menyiapkan tempat peristirahatan untuk pemudik. 

“Mulai dari kantor kecamatan, kelurahan, kantor polisi, dan tempat-tempat lainnya sudah disiapkan sebagai tempat istirahat sementara,” ujar Budi. 

Sebelumnya, Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022 mencatat pergerakan penumpang angkutan umum pada arus mudik kemadin (2/5/2022) kemarin jumlahnya kian menurun dibanding hari-hari sebelumnya. Pergerakan penumpang tertinggi ada pada angkutan penyeberangan.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan jumlah penumpang semua moda transportasi pada 25 April 2022 sebanyak 527.987 penumpang, pasa 26 April sebanyak 570.860 penumpang, dan pada 27 April sebanyak 685.907 penumpang. Lalu pada 28 April sebanyak 845.706 penumpang, pada 29 April sebanyak 932.468 penumpang, pada 30 April sebanyak 952.210 penumpang, Pasa 1 Mei 2022 sebanyak 656.454 penumpang, dan 2 Mei sebanyak 517.190 penumpang. 

“Terlihat puncak pergerakan penumpang angkutan umum terjadi pada 30 April 2022 dan jumlahnya terus menurun di H-1 dan Hari H Lebaran kemarin. Namun pergerakannya masih tinggi dibanding hari biasa,” tutur Adita. 

 

Berita Lainnya

Play Podcast X