Rabu 04 May 2022 15:45 WIB

 FOZ: Lanjutkan Kebiasaan Baik Saat Ramadhan

Kebiasaan melaksanakan ZIS akan membantu menghidupkan kembali UMKM

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Zakat / fidyah ( ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Zakat / fidyah ( ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Forum Zakat (FOZ), Irvan Nugraha, mengajak masyarakat untuk melanjutkan kebiasaan ibadah Ramadhan terutama dalam menunaikan zakat, infak dan sedekah (ZIS). Para pemudik juga diimbau mendukung desa binaan dan UMKM binaan organisasi zakat anggota FOZ.

Irvan mengatakan, organisasi pengelola zakat di bawah FOZ memiliki desa-desa binaan di daerah-daerah karena anggota FOZ tersebar di berbagai daerah. Harapannya para pemudik yang sedang melakukan silaturahmi ke daerah asalnya belanja di UMKM desa binaan anggota FOZ.

Baca Juga

"Para pemudik juga bisa ke tempat wisata atau desa wisata binaan dari organisasi pengelola zakat anggota Forum Zakat," kata Irvan kepada Republika, Rabu (4/5/2022).

Ia menyampaikan, kemarin masyarakat sudah melewati Ramadhan. Di bulan Ramadhan ada kewajiban menunaikan zakat fitrah atau menunaikan zakat yang haul-nya dikeluarkan pada saat Ramadhan.

"Selanjutnya tentu masyarakat dapat melanjutkan kebiasaan baik ibadah Ramadhan terutama dalam menunaikan zakat, infak dan sedekah melalui lemaga yang tersebar kemudahannya, baik secara daring maupun luring," ujarnya.

Ia menjelaskan, kebiasaan melaksanakan ZIS akan membantu menghidupkan kembali UMKM binaan-binaan organisasi pengelola zakat anggota FOZ. Para pemudik bisa juga menggunakan fasilitas layanan yang diberikan organisasi pengelola zakat selama arus mudik maupun arus balik.

Irvan menyampaikan, ada beberapa organisasi pengelola zakat anggota FOZ yang membuka layanan atau fasilitas untuk para pemudik.

Ia juga mengatakan bahwa para pemudik secara umum bisa bersilaturahmi dan dapat melakukan kegiatan yang bisa menginspirasi masyarakat desa untuk produktif secara jangka panjang. Jadi tidak hanya masyarakat desa mendapatkan bantuan sedekah secara charity, tapi para pemudik bisa menginspirasi mereka untuk untuk melakukan usaha produktif secara berkelanjutan. Tentu usahanya yang sejalan dengan kebutuhan saat ini.

"Jadi para pemudik dapat juga menjadikan kegiatan mudik dapat menambah nilai untuk masyarakat desa," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement