Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

15 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Arab Saudi akan Dilanda Angin Berdebu dan Badai Petir

Rabu 04 May 2022 23:38 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Hujan melanda kota Jeddah, Arab Saudi. Arab Saudi akan Dilanda Angin Berdebu dan Badai Petir.  (Reuters/Mohamed Al Hwaity)

Hujan melanda kota Jeddah, Arab Saudi. Arab Saudi akan Dilanda Angin Berdebu dan Badai Petir. (Reuters/Mohamed Al Hwaity)

Angin berdebu akan mencapai Qassim hingga Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Angin berdebu dan badai petir diperkirakan akan terjadi di beberapa bagian wilayah Arab Saudi pada pekan ini. Angin diperkirakan akan bertiup di Tabuk, Jawf, Hail, serta Provinsi Timur dan Perbatasan Utara Saudi.

 

Baca Juga

“Ada kemungkinan besar badai petir di beberapa daerah, di ketinggian Jizan, Asir dan Al Baha,” kata Pusat Meteorologi Nasional (NCM) kerajaan itu, dilansir dari The National News, Kamis (5/5/2022).

 

Pada Kamis, angin berdebu akan mencapai Qassim, bagian timur Madinah, bagian utara Riyadh dan Provinsi Timur. Secara keseluruhan, pergerakan angin di Laut Merah diperkirakan membawa hembusan dengan kecepatan antara 15 hingga 35 kilometer per jam ke utara dan 20-40 kilometer per jam di kawasan Teluk.

 

Pekan lalu, Arab Saudi meluncurkan program penyemaian awan dengan penerbangan gelombang pertama di wilayah Riyadh, Qassim, dan Hail. Penyemaian awan adalah cara untuk mendorong lebih banyak hujan dengan menembakkan semburan garam ke awan.

Garam secara alami menarik partikel air. Partikel saling bertabrakan, menjadi lebih besar dan mudah-mudahan jatuh sebagai hujan. Program penyemaian awan kerajaan bertujuan meningkatkan curah hujan di negara itu, yang tidak melebihi 100 milimeter per tahun.

https://www.thenationalnews.com/gulf-news/saudi-arabia/2022/05/04/saudi-arabia-to-be-hit-by-dust-and-thunderstorms/

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile