Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

 

6 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pengidap Diabetes Harus Waspada, Tujuh Buah Ini Dapat Sebabkan Lonjakan Gula Darah

Kamis 05 May 2022 17:23 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Foto ilustrasi buah mangga. Buah-buahan tertentu, seperti mangga, memiliki indeks glikemik yang tinggi hingga patut diwaspadai oleh pengidap diabetes.

Foto ilustrasi buah mangga. Buah-buahan tertentu, seperti mangga, memiliki indeks glikemik yang tinggi hingga patut diwaspadai oleh pengidap diabetes.

Foto: Wallpaperflare
Buah tertentu dapat menyebabkan lonjakan gula darah karena indeks glikemiknya tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kekhawatiran terhadap kondisi kesehatan pengidap diabetes tipe dua relatif bisa ditekan jika kadar gula darah tetap terkendali. Caranya ialah dengan menerapkan pola makan yang tepat. Untuk itu, memilih menu yang cocok disantap sangat penting, termasuk memilah buah-buahan.

 

Menurut Diabetes.co.uk, ada tujuh buah yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah karena kandungan glikemiknya tinggi. Mengingat pankreasnya tidak menghasilkan hormon insulin dalam jumlah cukup, pengidap diabetes tipe dua perlu menghindari makanan tersebut.

Peran utama insulin adalah mengatur gula darah (jenis gula utama yang ditemukan dalam darah). Kadar gula darah yang tidak terkendali dapat menyebabkan serangkaian masalah sehingga penderita diabetes didesak untuk mencari cara alternatif untuk menurunkan gula darah tinggi.

Menyantap makanan rendah glikemik bisa bertindak sebagai benteng melawan kadar gula darah tinggi dengan memperlambat tingkat di mana makanan dipecah menjadi glukosa darah. Karena itu, sebaiknya menghindari buah-buahan yang menyebabkan kenaikan drastis gula darah.

Buah dengan indeks glikemik tinggi antara lain pisang, jeruk, mangga, anggur, kismis, kurma, dan pir. Indeks glikemik adalah sistem penilaian untuk makanan yang mengandung karbohidrat, menunjukkan seberapa cepat makanan memengaruhi kadar gula darah ketika makanan itu disantap.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile