Jumat 06 May 2022 07:00 WIB

Jelang Arus Balik, Ini Saran buat Para Pemudik yang Balik ke Jakarta

Program Mudik Aman Mudik Sehat Tahun 2022 dapat terselenggara dengan baik.

Red: Muhammad Akbar
Pemudik dengan sepeda motor melintas di Jalan Trans Sumatera menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Kamis (5/5/2022). Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2022 akan terjadi pada 6-8 Mei 2022.
Foto: ANTARA/Ardiansyah
Pemudik dengan sepeda motor melintas di Jalan Trans Sumatera menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Kamis (5/5/2022). Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2022 akan terjadi pada 6-8 Mei 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Purwantono, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penurunan angka kecelakaan lalu lintas pada periode H-7 hingga  H+3 Lebaran 2022. Rivan mengapresiasi masyarakat yang telah berperan aktif menjaga keteriban selama perjalanan mudik.

Ia juga menyebut angka kecelakaan dapat dikendalikan lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya, serta Program Mudik Aman Mudik Sehat Tahun 2022 dapat terselenggara dengan baik.

“Meski angka kecelakaan mengalami penurunan dibandingkan dengan periode Lebaran tahun 2019, kami juga berharap masyarakat yang saat ini akan kembali balik ke Jakarta tetap turut berperan aktif dalam menjaga keamanan, keselamatan dan ketertiban,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (6/5/2022).

Lebih lanjut Rivan berharap para pemudik dapat mempersiapkan segala keperluan perjalanan sebaik mungkin, tetap menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan.

Rivan mengatakan khusus pemudik yang akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi agar taati aturan rekayasa lalu lintas yang ditetapkan pemerintah, baik itu sistem ganjil-genap dan oneway atau juga contraflow walaupun angka kecelakaan peride Lebaran tahun ini lebih rendah dibandingkan tahun 2019.

“Selain itu para pemudik bisa mempersiapkan fisik sebaik mungkin, memanfaatkan fasilitas untuk beristirahat apabila lelah dan ngantuk pada memanfaatkan Pos Pelayanan Terpadu atau Rest Area serta melakukan pengecekan kondisi kendaraan yang digunakan sebelum berangkat,” ujarnya.

Rivan mengatakan pemerintah melalui sinergi dari berbagai instansi Polri, Kemenhub RI, Kementerian BUMN RI melalui Jasa Raharja dan BUMN lain yang terlibat langsung, akan terus melakukan upaya-upaya strategis agar masyarakat yang mudik dan kembali ke Jakarta dapat melakukan perjalanan secara aman dan sehat.

“Sebagaimana arahan Bapak Presiden dapat betul-betul terwujud sebagai Mudik Aman Mudik Sehat yang memberi berkah untuk semua lapisan masyarakat,” kata Rivan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement