Jumat 06 May 2022 13:25 WIB

Twitter Catat Lebih dari 47 Juta Tweet Terkait Ramadhan 2022

Twitter menjadi tempat untuk menemukan apa yang terjadi secara real-time.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Twitter Catat Lebih dari 47 Juta Tweet Terkait Ramadhan 2022
Foto: AP Photo/Gregory Bull
Twitter Catat Lebih dari 47 Juta Tweet Terkait Ramadhan 2022

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Pada 2022, Twitter mencatat ada lebih dari 47 juta Tweet selama Ramadhan. Jumlah ini meningkat sebesar 31 persen dari tahun lalu dan mencerminkan peran Twitter sebagai tempat untuk menemukan apa yang terjadi secara real-time.  

Saat orang-orang merayakan bulan suci, percakapan yang sedang tren di platform berpusat di seputar agama, spiritualitas, makanan, dan hiburan. Berikut adalah beberapa sorotan dari bulan Ramadhan dilansir dari Campaign Middle East, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga

Tercatat ada beberapa negara teratas di kawasan Timur Tengah yang membahas Ramadhan. Negara-negara tersebut yakni, Arab Saudi, Mesir, Kuwait, Uni Emirat Arab, dan Oman. 

Tercatat juga berbagai emoji Simbol digunakan di tweet tersebut. Emoji untuk mengirim salam kepada Nabi Muhammad SAW telah di-tweet hampir empat juta kali, sementara emoji teratas terkait Ramadhan adalah emoji bulan sabit 🌙, emoji meminta maaf 🙏, masjid 🕌, hingga emoji berdoa 🤲. 

Ada juga tanda pagar (tagar) atau hashtag Ramadhan teratas yang di-tweet di tingkat global yakni, #Ramadhan, #iftar, #sepuluh hari terakhir. Adapun tweet teratas yang di-Retweet di bulan suci adalah tweet yang diunggah di akun Raja Salman (@KingSalman).

Ada juga berbagai atlet tim sepak bola juga terlibat dalam percakapan selama Ramadhan, dengan beberapa tweet yang paling banyak di-retweet termasuk, pesepakbola Paul Pogba (@PaulPogba), ikon dan pesepakbola Mesir, Mohamed Salah (@MoSalah), hingga pesepakbola Mesut Ozil (@MesutOzil) yabg mengucapkan selamat kepada para pengikutnya di bulan yang bahagia, aman dan penuh berkah.

Ada juga tim sepak bola Alhilal FC (@Alhilal_FC) yang membagikan video yang menampilkan para pemain klub mengucapkan selamat bulan yang diberkati kepada pengikut mereka. Tidak ketinggalan, serial TV Ramadhan 2022 menarik pemirsa di seluruh wilayah, dengan beberapa tagar serial yang paling banyak digunakan termasuk:

#العاصوف3 (seri Al-Asouf 3)

 استوديو٢٢# (program Studio 22 )

#منهو_ولدنا (seri Menho Waladna)

#رامز_موفي_ستار (Program bintang Film Ramez)

#الاختيار3 (seri Al-Ekhteyar 3)

#جزيرة_غمام (seri Jazzet Ghomam)

#الكبير_أوي6 (seri Al-Kabir Kekaguman 6)

#شباب_البومب_10 (seri Shabab Al-Bomb 10)

 _شارع_الهرم_إلى# (Seri Min Sharee Al-Haram Ela)

المشوار# (seri Meshwar)

Untuk merayakan Ramadhan, Twitter meluncurkan tiga tagar yang memicu emoji dalam tujuh bahasa, yakni Inggris, Arab, Melayu, Thai, Indonesia, Hindi dan Spanyol. Tagar bahasa Arab dan Inggris berikut akan membuka kunci bulan sabit:

 رمضان#

 رمضان_كريم#

رمضان_مبارك#

#Ramadan

#Bulan Ramadhan

#RamadhanMubarak

Emoji kedua, lentera, akan dibuka dengan tagar di bawah ini:

#فانوس

#فانوس_رمضان

#فوانيس_رمضان

#فوانيس

#Lantern Ramadhan

#Lantern Ramadhan

Adapun emoji terakhir, tagar berikut akan membuka semangkuk kurma dan segelas susu:

#افطار_رمضان

#افطار

#إفطاراً_شهياً

#إفطار_رمضان

#إفطار

#فطور_رمضان

#فطور

#سحور

#سحور_رمضان

#BukaPuasaRamadhan

#bukapuasa

#Suhur

#SuhurRamadhan

#Sahur

#Sahur

#Sahur

Menjelang akhir bulan suci, Twitter merayakan Idul Fitri dengan merilis emoji bulan sabit yang dipicu tagar ketika tagar berikut digunakan, sepanjang minggu Idul Fitri:

 عيد_الفطر#

عيد_مبارك#

كل_عام_وأنتم_بخير#

عيد#

#Idul Fitri

#Selamat Idul Fitri

#Idul Fitri

#Idul Fitri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement