Jumat 06 May 2022 14:47 WIB

Terungkap! Musim Lalu PSG Rugi Hampir Rp 2 Triliun

Kerugian PSG disebut-sebut karena pandemi yang membuat ekonomi klub terhambat.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Logo Paris Saint-Germain (PSG).
Foto: en.wikipedia.org
Logo Paris Saint-Germain (PSG).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Paris Saint-Germain (PSG) terus mengalami kerugian dalam kinerja keuangannya. Musim lalu, PSG melaporkan rugi sebesar 124,2 juta euro atau hampir Rp 1,9 triliun. Kerugian itu disebut-sebut karena pandemi Covid-19 yang membuat ekonomi klub terhambat.

Dikutip dari Marca, Jumat (6/5/2022), angka-angka ini muncul dalam laporan yang diterbitkan pada Kamis (5/5/2022) waktu Paris, oleh Departemen Kontrol dan Manajemen Nasional (DNCG), sebuah badan pengawan Liga Sepak Bola Profesional (LFP). Badan itu menyoroti kemerosotan ekonomi yang dialami hampir semua klub Prancis, khususnya PSG.

Baca Juga

Pada musim 2020/2021, PSG menyumbang 35 persen dari total kerugian seluruh tim papan atas, dengan membukukan kinerja keuangan negatif 646 juta euro. Beberapa klub mengalami kerugian jauh di bawah PSG, seperti Lyon (107 juta euro), Marseille (76 juta euro), dan Bordeaux (67 juta euro).

Di sisi lain, hak siar menunjukan tanda-tanda perbaikan dengan tumbuh 21 persen menjadi 835,7 juta euro, walaupun belum menyamai level musim 2018/2019. Dari sisi pengeluaran, juga mengalami pertumbuhan sebesar 9 persen menjadi 1,24 miliar euro, dan kontribusi jaminan sosial sebesar 23 persen menjadi 346 juta euro.

Pemain profesional menyumbang 934 juta euro dari jumlah ini, meningkat 9 persen. Sementara 124,6 juta euro dikeluarkan untuk pelatih dan staf pelatih atau tumbuh 38 persen. PSG menghabiskan 503 juta euro untuk gaji staf (31,7 persen dari total klub papan atas), meningkat 21 persen dalam satu tahun.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَهُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءًۚ فَاَخْرَجْنَا بِهٖ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَاَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُّخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُّتَرَاكِبًاۚ وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَّجَنّٰتٍ مِّنْ اَعْنَابٍ وَّالزَّيْتُوْنَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَابِهٍۗ اُنْظُرُوْٓا اِلٰى ثَمَرِهٖٓ اِذَٓا اَثْمَرَ وَيَنْعِهٖ ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكُمْ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ
Dan Dialah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

(QS. Al-An'am ayat 99)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement