Jumat 06 May 2022 15:54 WIB

Musim Berburu Ikan di Pulau Farasan Saudi

Pada musim berburu ikan akan terdapat limpahan ikan dari berbagai jenis.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Ikan-ikan di Kepulauan Farasan, Arab Saudi
Foto: Arab News
Ikan-ikan di Kepulauan Farasan, Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pulau Farasan terletak 50 km lepas pantai dari Jazan, bagian paling barat daya Arab Saudi. Pulau ini merupakan salah satu pulau terbesar di Laut Merah.

Para nelayan dari wilayah Jazan, khususnya di Pulau Farasan, akan mempersiapkan musim menangkap ikan atau yang disebut Kunnah. Kata ini berasal dari bahasa Arab untuk kingfish, Kana'ad.

Baca Juga

Musim kunnah seakan menjadi pertanda awal musim panas dan akan berlanjut hingga akhir Juni. Dalam pelaksanaannya, akan terlihat limpahan ikan dari berbagai jenis, termasuk kingfish dan parrotfish atau Hipposcarus harid.

Dilansir di Arab News, Kamis (5/5/2022), musim penangkapan ikan di wilayah tersebut bervariasi di seluruh perairan teritorialnya, yang membentang di atas Laut Merah. Lokasi ini mewakili sekitar 35 persen produksi ikan di Laut Merah dan sekitar 20 persen produksi ikan Kerajaan.

Salah satu nelayan paling berpengalaman di Farasan, Madani Hunaishi, mengatakan orang-orang menghubungkan musim Kunnah dengan kingfish karena jenis ini melewati pulau-pulau selama musim migrasi tahunannya. Ikan ini bergerak dari sisi utara Laut Merah di Jazan ke wilayah selatannya, membawa telur untuk memulai siklus berkembang biak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement