Jumat 06 May 2022 17:30 WIB

Buya Yahya dan Ustadz Derry Luncurkan Lagu 'Damai Bersama'

Lagu Damai Bersama untuk mengkonter pemahaman tetang agama semua sama

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah - Buya Yahya, dan Ustadz Derry Sulaiman luncurkan lagu Damai Bersama
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah - Buya Yahya, dan Ustadz Derry Sulaiman luncurkan lagu Damai Bersama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah yang berpusat di Cirebon, KH Yahya Zainul Ma'arif, atau yang akrab disapa Buya Yahya belum lama ini meluncurkan lagu baru yang berjudul "Damai Bersama". Syair Buya Yahya ini dinyanyikan oleh musisi sekaligus pendakwah, Ustadz Derry Sulaiman.  

Soft launching lagu ini sengaja dilakukan pada 1 Syawal 1443 Hijriah, yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 2022. Lagu ini diunggah melalui kanal Youtube AB Creative Productions  

Baca Juga

"Jadi sengaja diposting di hari 1 Syawal supaya ada momentum, ada momori lagu ini di upload ketika hari kegembiraan umat Islam," ujar Ustadz Derry kepada Republika.co.id, Jumat (6/5/2022). 

Sebelumnya, Buya Yahya juga telah mengajak sejumlah artis hijrah lainnya untuk berkolaborasi berdakwah lewat musik, seperti Reza Noah, Sakti Sheila On 7, Yuki Pas Band, dan lain-lain.

Setelah barulah Buya Yahya mengajak Ustadz Derry Sulaiman untuk menyanyikan syiar buatannya yang berjudul “Damai Bersama” ini. "Itu lagu syair buya yang membuat. Jadi Buya sekarang lagi mengajak artis-artis hijrah untuk berkolaborasi," ucap dia.  

Ustadz Derry menjelaskan, Buya Yahya membuat syair ini dengan penuh pikir untuk membantah pernyataan bahwa semua agama itu sama, serta untuk menjelaskan bahwa Islam itu adalah agama yang penuh dengan cinta.  

"Lagu ini untuk menjelaskan kepada semua orang bahwa Islam itu agama yang penuh dengan cinta, kasih sayang, toleransi meskipun kita berbeda," kata mantan gitaris band Betrayer ini.  

Lagu ini dipoles oleh Ustadz Derry setelah bertemu Buya Yahya di Pondok Pesantren Al-Bahjah Cabang Bogor. Setelah Buya Yahya mengirimkan syairnya, tim Derry Sulaiman Anda Sahabat (DSAS) di Jakarta langsung mengaransemen syair itu dengan sederhana.   

"Dan alhamdulillah lagu itu disenangi, Buya suka banget dengarnya, dan di tengah lagu ada pesan perdamaian dari Buya Yahya," jelas Ustadz Derry.  

Dengan diluncurkannya lagu ini, dia pun memuji sosok Buya Yahya. Menurut dia, Buya Yahya merupakan seorang ulama kontemporer yang penuhs dengan jiwa seni.  

"Jadi masya Allah Buya Yahya memang ulama yang sangat penuh dengan jiwa seni beliau tinggi luar biasa, beliau pencinta puisi, syair. Dan bukan ini saja lagu-lagu beliau, ada beberapa lagu lain yg beliau tulis, yang dinyanyikan oleh Al Bahjah Voice (AB Voice)," ujar Ustadz Derry.  

Ustadz Derry menambahkan, lagu ini pada intinya ingin menyampaikan sebuah pesan agar semua orang bisa bersatu dan damai bersama. Meskipun berbeda agama, suku, dan bahasa, semua orang harus saling menghargai dan menghormati.  

"Mudah-mudahan lagu ini menjadi asbab hidayah, menjadi penyejuk di tengah gersangnya ukhuwah, toleransi di negara ini dan juga saya sengaja menampilkan pakaian sunah dari santri-santri supaya fitnah-fitnah Islam, radikal, teroris itu terbantahkan," jelas Ustadz Derry.    

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement