Jumat 06 May 2022 18:49 WIB

Ini Ambisi Arteta Setelah Resmi Teken Kontrak Baru Bersama Arsenal

Arteta ingin membawa Arsenal ke level lebih tinggi dan bersaing dengan klub-klub top.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta.
Foto: AP/Ian Walton
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih asal Spanyol, Mikel Arteta, resmi memperpanjang kontrak bersama Arsenal. Eks kapten dan gelandang the Gunners itu menandatangani kontrak anyar untuk menangani tim utama klub asal London Utara tersebut.

Sebenarnya, kontrak Arteta bersama the Gunners baru akan berakhir pada 2023 mendatang. Namun, manajemen klub ternyata berniat untuk terus menjalin kerja sama dengan mantan asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City tersebut.

Baca Juga

Selain memperpanjang kontrak Arteta, manajemen Arsenal juga memperpanjang kontrak pelatih tim wanita Arsenal, Jonas Eidevall.

''Kami dengan bangga mengumumkan, Mikel Arteta dan Jonas Eidevall telah menandatangani kontrak baru dengan klub,'' tulis pernyataan resmi Arsenal, Jumat (6/5/2022).

Secara khusus, Arteta mulai dipercaya menukangi tim utama Arsenal pada Desember 2019 silam. Saat itu, pelatih berusia 40 tahun itu diplot untuk menggantikan Unai Emery dan diikat dengan kontrak hingga 2023 mendatang.

Eks gelandang Everton itu pun langsung menorehkan kesuksesan pada paruh pertama menangani Arsenal. Pada akhir musim 2019/2020, Arteta mempersembahkan titel Piala FA buat the Gunners.

Kesuksesan ini kemudian meningkatkan optimisme terkait kemampuan Arteta untuk bisa membawa the Gunners finis di empat besar pada musim berikutnya.

Namun, Arteta gagal mencapai target tersebut. Pada musim lalu, Arsenal harus puas finish di peringkat kedelapan dan gagal tampil di kompetisi Eropa.

Kendati begitu, manajemen Arsenal tetap mempertahankan Arteta. Performa the Gunners pun terbilang lebih baik pada musim ini.

Meski sempat diwarnai inkonsistensi performa dan sempat terlempar ke papan bawah klasemen sementara Liga Primer Inggris, Arsenal mampu bangkit dan kembali bersaing dalam perebutan posisi empat besar Liga Primer Inggris.

Telah menyelesaikan 34 laga, Arsenal berada di urutan keempat dengan koleksi 63 poin. Namun, posisi Arsenal belum sepenuhnya aman. Di peringkat kelima, Tottenham Hotspur terus mengintip dengan hanya tertinggal dua poin.

Alhasil, the Gunners mesti bisa memetik poin penuh di empat laga pamungkas demi bisa mempertahankan posisi di peringkat keempat klasemen Liga Primer Inggris.

''Kami ingin membawa tim ini ke level lebih tinggi dan bersaing dengan tim-tim top. Untuk itu, kami harus bisa tampil di Liga Champions,'' ujar Arteta usai penandatangan kontrak anyar seperti dilansir laman resmi Arsenal, Jumat (6/5/2022).

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement