Rekayasa Lalin Arus Balik Dinilai Berhasil, Kinerja Polri Diapresiasi

Red: Muhammad Hafil

Sabtu 07 May 2022 15:22 WIB

Sejumlah kendaraan berputar balik menuju Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) saat pemberlakuan sistem one way pada arus balik Lebaran di Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022). Korlantas Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah mulai pukul 05.16 WIB dari Karawang menuju Jakarta untuk mengurai kepadatan kendaraan. Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah Sejumlah kendaraan berputar balik menuju Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) saat pemberlakuan sistem one way pada arus balik Lebaran di Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022). Korlantas Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah mulai pukul 05.16 WIB dari Karawang menuju Jakarta untuk mengurai kepadatan kendaraan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Rekayasa lalu lintas yang diterapkan Polri pada arus balik Lebaran 2022 dinilai cukup berhasil.  Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang mengapresiasi kinerja aparat kepolisian dalam menjalankan tugasnya melayani para pemudik.

“Rekayasa lalu lintas Polri pada arus balik kali ini cukup berhasil. Setidaknya, biang kemacetan pada arus mudik di rest area dan gate, tidak terjadi. Meski memang sering ada mobil-mobil berhenti di bahu jalan tol yang kadang membuat kepadatan.,” ujar Rustika dalam pernyataan tertulisnya kepada media, Sabtu (7/5/2022). 

Baca Juga

Rustika mengaku berangkat dari Klaten, Jawa Tengah, pada Sabtu (7/5/2022) sekitar pukul 08.45 WIB. “Pukul 13.15 sudah di Tol Pejagan. Lumayan lancar. Semoga sampai Jakarta juga demikian,” kata dia. 

Ia menilai, pada arus balik Lebaran 2022 ini kepadatan cukup minim. Menurut dia, kepadatan sempat terjadi jelang rest area ataupun di dekat keramaian saat berada di jalur alternatif Klaten - Boyolali. 

“Kepadatan di Tol Kalikangkung Semarang pada arus mudik lalu sempat terjadi berjam-jam, kali ini tidak terjadi. Bahkan lancar sekali di siang ini,” ungkap Rustika. Ia juga mengaku merasakan kehadiran polisi di beberapa titik kemacetan. 

Menurut dia, upaya petugas kepolisian di lapangan patut diapresiasi.  Tugas para polisi di lapangan dalam mengatur lalu lintas pada masa arus Balik 2022 ini terbilang berat. Ada jutaan pengguna mobil pribadi dan angkutan umum yang mudik pada tahun ini.  “Terima kasih, Pak Polisi,” kata Rustika.

Untuk memastikan arus balik berjalan lancar, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terjun langsung ke lapangan. Pada Jumat (6/5/2022) malam, Sigit meninjau kesiapan personel maupun rekayasa lalu lintas (lalin) dalam menghadapi arus balik Lebaran 2022. Jumat malam, Sigit mengecek langsung ke Tol Cikampek KM 28. 

Skema rekayasa lalu lintas One Way sudah diberlakukan sejak Jumat (6/5/2022) pukul 14.00 WIB mulai dari KM 414 Tol Kalikangkung hingga KM 47 Tol Cikampek, dilanjutkan dengan Contraflow hingga KM 28. 

Dalam peninjauannya di ruas lajur terakhir Contraflow tersebut, Sigit berdiskusi bersama personel polisi lalu lintas dan memberikan pengarahan kepada jajaran yang bertugas dilapangan untuk mewujudkan arus balik yang aman dan lancar. 

"Tolong dipastikan pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini berjalan dengan optimal. Ikuti segala perkembangan yang ada. Selamat bertugas, ciptakan arus balik yang aman dan lancar bagi seluruh masyarakat," kata Sigit.

Pada titik yang ditinjau tersebut, terpantau saat ini lalu lintas arus balik Lebaran 2022, masih dalam kondisi terkendali atau ramai lancar. Masyarakat yang melintas juga taat dan disiplin mengikuti instruksi serta rambu-rambu yang dipasang oleh petugas. 

Sigit memastikan bahwa, seluruh personel kepolisian telah diminta untuk memberikan pengamanan dan pelayanan optimal kepada masyarakat.  Semua upaya dan strategi tersebut, kata Sigit, dilakukan demi memberikan situasi yang aman dan lancar kepada masyarakat yang kembali pulang, usai merayakan Lebaran bersama keluarga dikampung halaman. 

"Tentunya seluruh anggota akan bersiap dilapangan, dan melakukan evaluasi-evaluasi. Sehingga proses arus balik, yang saat ini sudah mulai berjalan. Dan bahkan mulai tadi malam semuanya bisa berjalan dengan aman dan lancar. Kami, telah instruksikan kepada seluruh anggota untuk memberikan pelayanan yang maksimal untuk pengamanan dan pelayanan arus balik," ucap mantan Kapolda Banten itu dalam keterangannya kepada media.